image1 image2 image3 image4 image5

HI I'M ADE PERMATA SURYA|NUTRITIONIST AND MBA HOLDER|BIG DREAMER WITH MORE ACTION|LET'S GIVE IMPACT AND CHANGE THE WORLD!











BELUM CUKUP BUKTI KALO ROKOK MEMATIKAN???

Anda perokok? Masih pura-pura tak mendengar ketika orang-orang meminta Anda mematikan rokok Anda? Atau pura-pura tak melihat ketika disekeliling Anda menunjukkan rasa ketidaknyamanan akibat hak mereka terganggu? Mungkin Anda pun masih mencari seribu alasan yang dapat mempertahankan hubungan keharmonisan Anda dengan benda yang satu itu? Hmm.. Coba lihat yang satu ini:

Wayne McLaren

Mungkin Anda sudah tak asing lagi melihat wajahnya yang tampan, maco, dan terlihat sangat dewasa ini menghiasi banyak jalan-jalan di sepanjang kota, mungkin pula di layar tv anda, atau di media-media cetak yang tiap hari Anda lihat. Ya benar, namanya Wayne Mc Laren. Dia seorang koboi penunggang kuda paling keren di tahun 1970an. Wajah ganteng sangar dan postur gagahnya muncul di iklan Marlboro diseluruh jagat.  Selama seperempat abad, tuan koboi mengasapi paru-parunya dengan 1,5 pak rokok Marlboro setiap hari.  Hingga di awal 1990, dokter menjatuhkan vonis kanker paru baginya. Kemoterapi, radiasi, bahkan pemangkasan satu sisi paru dilakukan demi menahan penyebaran sel kanker ditubuhnya.
Ketika tersebar berita Mc Laren dihajar kanker, Philip Moris merilis statemen bahwa Tuan Koboi sama sekali bukan bintang iklan Marlboro (Parah banget abis manis sepah dibuang  -.-‘), namun  bantahan ini tak bertahan lama karena begitu banyak billiboard bergambar McLaren yang terpampang diberbagai lokasi di Amerika.
Akhirnya dalam keadaan gering, sang koboi segera berputar haluan, dari pro rokok malah jadi penganjur Tobacco Control. Namun, setahun kemudian Juli 1992 Tuan koboi yang pernah menjadi symbol rokok itupun tak mampu membendung ganasnya kanker paru. Ia meninggal, sebelum meninggal ia membisikkan kalimat terakhir “Take care of your children. Tobacco will kill you, and iam a living proof of it.”
Tak hanya Mc Laren, ada lagi kisah dari Alan Landers, bintang iklan rokok Winston dan cerutu merek Tiparillo, pada 1987 didiagnosa menderita tumor sebesar bola golf di paru kanannya. Actor ini pun menjalani operasi, sialnya pada 1993 paru kirinya juga terkena sebaran tumor. Lebih celakanya saat operasi kedua pita suara Landers tak sengaja terpotong, akhirnya selama setahun Landers tak bisa bicara hinggga operasi rekonstruksi pita suarapun dilakukan. Sejak 9 tahun Landers sudah menjadi perokok. Sebelum terkena tumor, dia dapat menghisap 50 batang rokok setiap hari. 

Pada akhirnya Landers pun tergerak bergabung dalam kampanye pengendalian rokok. Ia kemudian menjadi model iklan layanan masyarakat untuk American Cncer Society, The Tobacco Free Coalition, Citizens Against Tobacco, dsb. Dia mengatakan “Jangan tertipu dan jangan sampai ketagihan rokok!”


Alan Landers

Nah kisah terakhir dating dari Boedi Sampoerna. Anggota keluarga HM Sampoerna, mantan pemilik kerajaan rokok PT Hanjaya Mandala Sampoerna, meninggal pada usia 78 tahun. Keterangan menyebutkan bahwa Boedi mengidap kanker mulut dan tenggorokan setahun terakhir. Selama hidup Boedi dikenal sebagai perokok moderat yang menghabiskan satu pak rokok sehari. Sungguh kisah yang ironis, pendiri pabrik rokok yang diakhir hidupnya justru harus berjuang melawan ganasnya efek asap rokok.:o

Boedi Sampoerna

Nah sekarang coba Anda pikirkan kembali deh, mau jadi penerus mereka gak tuh? Mumpung belum terlambat kaya mereka. Mending berhenti merokok dari sekarang! ;)

Source:
Chamim, Mardiyah, dkk. 2011. A Giant Pack of Lies. Bongkah Raksasa Kebohongan. Menyorot Kedigyaan Industri Rokok di Indonesia. Jakarta: Koji Communications.

Share this:

CONVERSATION

1 comments:

  1. yah gila aja , sehari abis hampir 2 pak rokok , gue sih 5-8 batang hari aja udah pusing ke kepala hahahahaah yah gue juga mau berhenti , sedang proses ehheheh

    ReplyDelete

Powered by Blogger.