image1 image2 image3 image4 image5

HI I'M ADE PERMATA SURYA|NUTRITIONIST AND MBA HOLDER|BIG DREAMER WITH MORE ACTION|LET'S GIVE IMPACT AND CHANGE THE WORLD!

PIKIR DUA KALI MASUK ILMU GIZI UI …!










PIKIR DUA KALI MASUK ILMU GIZI UI …!


         
Kamu tertarik masuk di Universitas Indonesia? 
Terutama jurusan Ilmu Gizi? 

Saya sarankan sebaiknya kamu pikir dua kali kalau kamu belum tahu Ilmu Gizi UI itu seperti apa..! Kenapa begitu? Yup, karena perkuliahan yang kamu ambil nanti adalah gerbang besar kamu menghadapi dunia pekerjaan, jadi ambillah jurusan yang masih dalam passion dan kemampuan kamu!
Kampus FKM UI

Biar kamu semakin yakin dan gak berfikir dua kali lagi dengan pilihan ‘Gizi UI,’ Saya akan mencoba sharing pengalaman saya selama menjadi mahasiswa di Gizi UI. Tapi sebelumnya, perkenalkan dulu, saya Ade Permata, anak Gizi angkatan 2009 di UI. Sekarang ini adalah penghujung saya di kampus FKM UI, karena saya sudah semester akhir dan tinggal beberapa bulan lagi sudah menjadi lulusan Gizi UI. 

Ilmu Gizi merupakan salah satu jurusan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. Ilmu gizi ini termasuk jurusan baru, saya adalah angkatan ke-2 di tahun 2009. Sebenarnya Gizi sendiri sudah ada sejak lama di FKM, namun awalnya Gizi ini hanyalah peminatan dari jurusan Kesmas (Kesehatan Masyarakat) seperti peminatan-pemintan lainnya (AKK, Biostatistik, Epidemiologi, Kesehatan Reproduksi, PKIP, dan K3), tapi semenjak 2008 Gizi memisahkan dirinya sebagai jurusan, sehingga saat ini FKM memiliki 2 jurusan, yaitu Kesmas dan Gizi. Saat ini akreditasi Gizi UI adalah B.

Pengalaman saya dimulai ketika saya mengikuti ospek kampus yang dinamakan OKK (orientasi kehidupan kampus) OKK ini dimulai di tingkat universitas selama 2 hari, lalu di tingkat fakultas 2 hari, dan diakhiri dengan MABIM (masa bimbingan) selama 2-3 bulan. Tapi teman-teman tak perlu takut, UI sudah melarang adanya perponcoan ketika ospek, jadi kalian tidak perlu takut dikerjain yang aneh-aneh oleh senior nanti, tapi UI justru sebaliknya mengajarkan hal-hal yang positif dan lebih bermanfaat. Ketika OKK di tingkat universitas kalian akan diwajibkan untuk membuat suatu karya tulis biasanya mengangkat permasalahan di sekitar UI dan tawarkan suatu solusi. Di tingkat FKM, OKK selama 2 hari biasanya lebih menguji pada kekuatan mental dan kekompakan angkatan, jadi siap-siap dimarahin terus ya Guys J. Nah, puncaknya adalah ketika MABIM, dimana teman-teman akan diajarkan untuk dapat mengelola stress dan harus bisa mengerjakan tugas tepat waktu, karena selama MABIM yang berbulan-bulan ini teman-teman akan diberi banyak tugas menumpuk mengenai artikel, essai, karya tulis dsb. Di sini hanya orang-orang rajin dan kreatif yang bisa melewatinya dengan baik. Perlu teman-teman tahu, kalau dari gosipnya, OKK fakultas paling terkejam itu dimenangkan FKM dan FT (Fakultas Teknik) lho..


OKK FKM

       Jurusan Gizi agak berbeda dengan peminatan kesmas lainnya. Gizi sebenarnya lebih luas dan mencakup tiga aspek: gizi klinis, gizi masyarakat dan gizi kewirausahaan. Selain mempelajari tentang ilmu sosial masyarakat, gizi pun mempelajari klinis yaitu ilmu-ilmu kedokteran seperti anatomi, fisiologi, patofisiologi dsb dimana proporsi antara  kedua ilmu tersebut hampir sama besar, ditambah ilmu pelengkapnya berupa kewirausahaan. Jadi kalau boleh saya simpulkan, sebenarnya Gizi itu di tengah-tengah dari FKM dan FK. Hal ini pula yang menjadikan Jurusan Gizi berbeda-beda fakultasnya di tiap kampus,  contohnya di UI ilmu gizi masuk ke dalam Fakultas Kesehatan Masyarakat, di UGM & UNDIP masuk ke fakultas Kedokteran, dan di IPB masuk ke Fakultas Ekologi Manusia.
Pramunas Ilmagi
 (Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi) se-Indonesia


Perbedaan lainnya adalah, mulai angkatan 2008, mahasiswa gizi yang lulus akan bergelar S.Gz, sedangkan peminatan lainnya akan bergelar S.KM meskipun dari peminatan yang berbeda-beda. Selain itu, metode pembelajaran di Gizi sudah menggunakan metode PBL (Problem Base Learning), tidak seperti metode pada umumnya dimana satu dosen menerangkan di depan dan mahasiswa sebanyak 50-100 orang mendengarkan dalam satu kelas besar, tapi dengan PBL ini, mahasiswa yang dituntut aktif dimana kelas maksimal berisi 13 orang, dan akan diberi kasus sesuai modul, lalu mahasiswa akan berdiskusi dan saling berargumen satu sama lain. Dosen  disini berfungsi sebagai fasilitator saja yang mendengarkan dan meluruskan ketika terjadi perdebatan. Kelebihannya metode PBL ini, kalian mau gak mau jadi rajin baca dan nyari sumber buku, mau gak mau harus masuk terus (karena kelas kecil jadi gak bisa titip absen), jadi jago berargumen dan debat, dan jadi lebih aktif. Di UI, baru Fakultas Kedokteran dan jurusan Gizi yang sudah menggunakan metode ini. Metode ini memang sungguh menarik, pengalaman saya dulu pernah terjadi satu perdebatan hingga ada teman saya yang menangis, dan dosen pun sudah tak bisa meleraikan. :p

         Perlu teman-teman ketahui kalau gizi UI menggunakan sistem paket, jadi teman-teman yang masuk Gizi UI sudah pasti lulus 4 tahun (paling cepat) karena memang sudah di paket untuk 4 tahun. Sehingga teman-teman tidak bisa lulus 3,5 tahun. Karena system paket, maka jenis-jenis mata kuliahnya pun sudah ditentukan oleh departemen gizi dan tidak bisa diubah-ubah, jadi teman-teman gak bisa milih sendiri jenis mata kuliahnya seperti jurusan lainnya di UI. Tapi sisi positifnya, teman-teman tidak perlu hadir ke kampus saat liburan panjang hanya untuk meminta persetujuan pembimbing akademik mengenai mata kuliah yang diambil, hal ini dikarenakan paket, jadi sudah pasti disetujui. Tapi jangan berkecil hati dulu, di semester terakhir teman-teman masih bisa mengambil mata kuliah di luar paket tsb bahkan ke fakultas yang berbeda.

Suasana kelas sidang pleno Gizi
(setiap kali modul selesai, semua kelas kecil akan dikumpulkan menjadi satu  dan setiap kelas mempersentasikan hasil diskusinya. tujuannya untuk menyamaratakan ilmu yg di dapat)

Gizi UI masih memiliki perbedaan lagi, Gizi menggunakan system modul untuk metode PBL tadi, jadi hanya anak Gizi UI yang tidak akan merasakan UTS dan UAS untuk semester 3 ke atas karena sudah menggunakan modul. Ujian blok dilakukan setiap kali modul selesai dibahas. Jadi teman-teman nanti ujiannya kira-kira 1-2 minggu sekali. Ini lebih menguntungkan mahasiswa karena ketika ujian kalian bisa focus mempelajari 1 topik saja, berbeda dengan UAS dalam satu hari kalian mungkin bisa ujian 1-3 mata kuliah dimana 1 mata kuliah bisa terdiri dari banyak BAB, sehingga peluang mendapatkan nilai bagus lebih besar. Alasan inilah yang menjadikan anak-anak Gizi berprestasi sebagai lulusan terbanyak yang berpredikat Cumlaude (IPK> 3,51). Tapi  mungkin segi negatifnya adalah setiap minggu kalian harus ujian.. jadi waktu untuk berorganisasi dan bersenang-senangnya jauh lebih sedikit dibandingkan anak jurusan lain. Itu pula yang menjadikan anak gizi dikenal sebagai “orang sibuk” di FKM.

Apa saja yang dipelajari Gizi UI? Nah, agar teman-teman dapat gambaran, saya jabarkan mata kuliah yang dipelajari Gizi, diantaranya:
1.  Semester 1: anatomi, fisika, kimia organic, matematika, MPK terintegrasi, pengantar biokimia, pengantar biologi manusia dan penulisan ilmiah
2. Semester 2: biostatistik, dasar-dasar genetika, fisiologi, kimia organik, MPK agama, MPK bahasa inggris, MPK seni/olahraga, dan patofisiologi penyakit
3. Semester 3: dasar ilmu gizi, epidemiologi dasar, etika dan hukum kesehatan, imunologi dan gizi, metabolism energi dan zat gizi makro, metabolism gizi ibu hamil, metabolisme zat gizi mikro, system pelayanan kesehatan di Indonesia, dan tumbuh kembang anak
4.Semester 4: analisa pangan, dasar dietetic, dasar-dasar kulinari, dietetika lanjut, dietetika penyakit degenerative, dietetika penyakit dan defisiensi, fisiologi lanjut, ilmu bahan makanan dan analisa zat gizi lanjut, ilmu pangan, mikrobiologi pangan, pengendalian mutu makanan dan teknologi pangan
5.Semester 5: bahasa inggris 2, dasar-dasar manajemen, epidemiologi gizi, fisiologi olahraga, manajemen industry pelayanan makanan, manajemen industry pelayanan makanan lanjut, metode penelitian dan penilaian status gizi
6. Semeter 6: antropologi, dasar-dasar komunikasi, gizi kesehatan masyarakat (magang), ilmu pendidikan, konseling, psikologi dan sosiologi
7.    Semester 7: dietetika magang rumah sakit, isu-isu muktahir gizi, kasus terintegrasi, dan kewirausahaan.
8.    Semester 8: skripsi

Suasana praktikum Ilmu Pangan Gizi UI
Hal yang paling menyenangkan belajar Gizi adalah ketika modul kulinari, di modul ini kita akan sering sekali melakukan praktikum masak dan icip-icip makanan. Kita akan belajar table manner, teknik memasak yang benar, belajar menu makanan Indonesia, menu continental, menu-menu eropa, dsb. Yang paling seru adalah ketika selesai dinilai, kita semua makan-makan dan saling icip makanan satu sama lain :D Kita juga diajari bagaimana menata makanan ala eropa, continental, dan Indonesia. Jadi yang senang masak-masak, senang makan, senang menghias makanan dan kue sepertinya wajib ambil Gizi. :P Nah, berikut ini hasil-hasil masakan anak-anak Gizi UI 2009 lho:











Hmm kira-kira apa ya peluang pekerjaan lulusan Gizi ke depannya? Gak perlu takut.. kalian bisa menjadi konsultan gizi, ahli gizi di rumah sakit, ahli gizi di perusahaan-perusahan dan pabrik, dosen, peneliti, membuka catering, ahli diet pada catering-catering, dsb.

Nah, saya sangat merekomendasikan jurusan Ilmu Gizi UI bagi kalian yang sangat menyukai biologi dan atau kimia, senang memasak dan menghias kue atau makanan, passion terhadap kecantikan (ada neutricosmetic = gizi untuk kecantikan), yang ambil FK pilihan pertama dan bingung mau ambil apa di pilihan kedua (Gizi ilmunya mirip kaya FK), yang ingin mengamalkan ilmunya pada kehidupan nyata (ilmu gizi ini akan terpakai ketika kalian berumah tangga seperti gizi saat hamil, menyusui, gizi anak, lansia, atau gizi untuk penyakit2 tertentu), dan bagi kalian yang lebih senang menghafal dibanding menghitung.

Semoga bermanfaat dan gak berfikir kedua kalinya untuk masuk di Gizi UI ya! Semoga cepat menyusul saya dan menjadi bagian dari keluarga Gizi UI :D


Baca ini juga: 
-HATI-HATI DENGAN OKK (ORIENTASI KEHIDUPAN KAMPUS) UI!
-KAMPUS SE-GEDE UI, PUNYA EKSKUL APA AJA???
- CONTOH SKRIPSI ANAK GIZI






           
           

           



Share this:

CONVERSATION

44 comments:

  1. Kak mau tanya2 nih, saya Wiam baru kelas 11, kayaknya agak tertarik masuk Gizi UI. Pertama sih ngelirik Tekkim, tapi dari testimoni orang2 kayaknya serem banget di Tekkim. Ohya kak kalo di Gizi itu hafalannya bener2 banyak ya? Soalnya saya termasuk suka ngitung, suka MTK, Kimia, Biologi, tapi gamau ketemu Fisika. Kira2 cocok gak ya kak masuk Gizi? 1 lagi, kk ngerasanya berat gak ambil jurusan Gizi ini? Trimakasih banyak kak, mohon dibantu jawab yah, lagi galau jurusan nih... Hehe trims kaaak

    ReplyDelete
  2. kak, saya baru kelas 10 dari SMA 1 Cibadak, Sukabumi. Saya memang lebih tertarik kepada ilmu gizi, nutrisi-nutrsi dalam makanan yang seperti itu, tapi saya belum mahir. kira kira apa yang harus saya persiapkan dari sekarang? menguasai biologi dan kimia?
    ditunggu jawabannya ya ka :)

    ReplyDelete
  3. wah, jadi seperti master chef dong mbak??!hehehe....

    wah, enak sekali ya ospeknya cuma 3 bulan, lha kampus saya 1 semester, itu pun kalau gak molor pelaksanaannya(biasanya diselewengkan sama anak2 Himpunan), :(

    ReplyDelete
  4. mbak, tnyaa.. bedanya gizi sama kesehatan masyarakat apa? ini saya mau ndaftar simak ui tapi bingung antara gizi sama kesehatan masyarakat. mksh :)

    ReplyDelete
  5. saya mahasiswi gizi UIN Alauddin Makassar, walaupun masih dalam kategori peminatan di Jurusan Kesehatan Masyarakat, tp ilmunya insya Allah, goooooooooodd :D salam gizi

    ReplyDelete
  6. infonya sangat membantu. makasih ^^

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah, ga ketemu fisika lagi :') Salam Kenal ya Ka Ade Permata, mahasiswa baru Gizi UI 2013 nih :')

    ReplyDelete
  8. Kak, saya febry dari sma 6 palembang , saya sangat tertarik dengan gizi, tapi saya kurang suka kalo banyak harapan. Kira2 hafalan di gizi banyak banget ya kak? Thanks

    ReplyDelete
  9. Makasih kak. Info di blognya bagus bgt :D
    Saya niken, skrg baru menginjak kls 12. Di gizi memang benar-benar tdk ada fisika sm sekali kak? Awalnya sy minat bgt ke farmasi krn byk hafalan, tp disana ada materi fisika. Semoga sy bs menyusul kaka di UI tahun 2014 :) Aamiiin

    ReplyDelete
  10. kakak, saya ini siswa kelas 12 yang sangat tertarik ke jurusan Gizi. saya mau nanya 2 hal, saya mohon pertanyaan saya dijawab ya kak
    1. apakah 'akreditasi B' itu akan mempengaruhi prospek kedepan, karena banyak guru yang bilang 'akreditasi itu penting'
    2. Gizi dan FKM itu adalah satu kesatuan atau 2 hal yang berbeda?
    Mohon pencerahannya ya kak. terimakasih

    ReplyDelete
  11. jadi semakin tertarik masuk jurusan gizi doakan saya tahun depan nyusul ke UI ya kak amiin ^_^

    ReplyDelete
  12. Kak aku ada pertanyaan nih... apa di jurusan ini itu banyak banget ya hapalannya? Soalny aku sptnya tertarik tapi aku kurang menguasai hapalan hehehe.. anyway thanks ya kak buat infonya sangat berguna lohh^^

    ReplyDelete
  13. kalau dari d3 gizi lanjut k s1 gizi itu masuk ke kesmasnya atau gizinya? jadi gelarnya SKM atau S.Gz,

    ReplyDelete
  14. Kak, apa perbedaan antara fakultas kesehatan masyarakat jurusan ilmu gizi dan fakultas gizi? Makasi:)

    ReplyDelete
  15. Makasih ka, per semester belajar tentang itu semua ka ? terus kalo 1 semester udh selesai, materi semester 1 di ulas lagi ga ke semester 2 ? biaya persemester di UI berapa ka ?

    ReplyDelete
  16. Perkenalakan saya Alfon dr SMKF IKasari Riau, mnrt pandangan anda selama mnjalni pendidikan ilmi gizi lebih baik ilmu gizi atau kesmas? dan berikan alasannya :) mohon di replay ya kak..

    ReplyDelete
  17. anonym,
    bagus kak infonya, inspiratif

    ReplyDelete
  18. Kalo untuk perpustakaan khusus gizi di UI ada ngga ka ?? mohon jawabannya kilat.. Makasih :)

    ReplyDelete
  19. Kak, numpang tanya nih ya. Tp sbelumnya kenalin dl, aku indi kak, skrg naik ke kls 12. Nah aku masih ababil banget nih kak soal pemilihan jurusan buat kuliah nanti. Aku sih udh ada rencana mau ambil kesmas atau gizi soalnya yg bagus di rapor itu nilai kim sm bio kak. Tapi ya gitu kak, tetep aja masih bingung, takut salah ambil jurusan gt mksdnya. Tlg kasi saran dong kak, enaknya aku ambil jurusan yg mana? Trims kak. Maaf kalo komennya agak ga nyambung yah kak. Hehe

    ReplyDelete
  20. Assalamualaikum kak. Perkenalkan nama saya Nana kak dari Padang. Saya sekarang kelas XII. Saya sangat berminat masuk Gizi di UI kak. Menurut kakak, persiapan apa yang harus matang kita persiapkan semenjak SMA ini agar kita lancar ntar kuliah gizi di UI, . Jawabannya ditunggu ya kak. Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
  21. Saya mahasiswa D3 gizi. Kalau saya mauu nyambung s1 gizu ui bagaimna

    ReplyDelete
  22. pelajaran gizi susah ngak kak?

    ReplyDelete
  23. Assalamu'alaikum kak. Saya Rifqah, sekarang saya kelas XII. Jujur, saya masih bingung dan belum konsisten dalam memilih jurusan untuk kuliah nanti. Tapi saya tertarik untuk mengambil gizi karena saya ingin tahu makanan seperti apa yang sehat untuk di konsumsi (saya ingin ilmu saya bermanfaat bagi keluarga saya).
    Tapi kak, apakah di gizi memang benar-benar banyak hafalannya dan orang-orang yang mengambil gizi hafalannya harus kuat? Karena masalahnya hafalan saya tidak kuat.
    Kemudian, bagaimana jika ada mata kuliah yang tidak lulus? Apakah harus mengulang semua atau hanya mata kuliah tersebut yang diulang?
    Itu saja yang ingin saya tanyakan kak. Ditunggu jawabannya ya kak. Terima kasih :)

    ReplyDelete
  24. hai kak,
    seneng banget nemu postingan yang membahas tentang Ilmu Gizi. Saya sendiri anak Gizi Undip angkatan 2010. Ternyata materi kita sama kak. haha.. dan memang praktek favorit saya dan teman-teman adalah kulineri dan ilmu teknologi pangan (yang juga membuat makanan tapi dikaitkan dengan teknologi pembuatannya).
    Btw, mau meralat sedikit kak. Di undip sendiri Ilmu Gizi masuk FK sedangkan di FKM juga ada peminatan ilmu gizi.

    Dan ...nice post kak! keep writing! XD

    ReplyDelete
  25. Jadi tertarik dengan ilmu gizi. :-)

    ReplyDelete
  26. maaf ya kak, koreksi saja,
    ilmu gizi undip masuknya ke fakultas kedokteran
    makasih

    ReplyDelete
  27. kak saya lulusan d3 teknologi pangann, kak kalau d3 teknologi pangan lanjut k s1 gizi bisa tidak kag ?
    makasih

    ReplyDelete
  28. Kak, saya dr sma 1 jogja kelas 11, suka masak sih dan dari dulu pengen masuk fakultas gizi, tapi sayangnya saya musuhnya kimia.. dan jelek hafalannya. Kira2 bisa nggak ya? Terus ada nggak fakultas gizi yang akreditasinya A di Indonesia? Makasih kak infonya ^^

    ReplyDelete
  29. Gabriella@ ilmu gizi IPB terakreditas A.

    ReplyDelete
  30. Wow... makasih kak atas infonya, sangat bermanfaat dan membantu memantapkan pilihan ke jurusan ilmu gizi :D

    ReplyDelete
  31. Poltekkes Kemenkes Jakarta 2 Jurusan Gizi terakreditasi A oleh Kemenkes

    ReplyDelete
  32. Poltekkes kemenkes Jakarta 2 jurusan Gizi merupakan Gizi paling pertama di Indonesia

    ReplyDelete
  33. semoga bisa jadi keluarga FKM UI 2016. aamiiin. Mohon doanya kak

    ReplyDelete
  34. semoga saya bisa menyusul kaka dan menjadi bagian dari keluarga FKM 2016 Aaamiin :)

    ReplyDelete
  35. Semoga biaa jadi maba FKM UI 2017 aamiin. Doanya ya kakkk makasih banyak infonyaa :)

    ReplyDelete
  36. ka saya mau nanya, kalau alumni lulusan UI jurusan gizi udah bekerja dimana aja yah ?
    terus selain bekerja di RS. industrilumana saja yang sudah menjadi tempat kerja lulusan UI ?
    terimakasih

    ReplyDelete
  37. say...aq anak fik ui 08, mau klarifikasi aja... program PBL itu dimulai dr angkatan 08 dlm perubahan kurikulum kampus..

    ReplyDelete
  38. saya mahasiswa DIV gizi poltekkes kemenkes Bengkulu , makasih kak info blognya Bagus untuk menambah pengetahuan kami .Insyaallah saya mau melanjutkan kuliah S2 ilmu gizi.aminn 🙏😊

    ReplyDelete
  39. Kak bisa gak lulusan D3 bidan masuk gizi???,
    Bagaimana cara masuk gizi ui?

    ReplyDelete
  40. ka mau tanya saya anak kimia mau ngelanjutin ke ilmu gizi, kira kira anak mia ke gizi nyambung gak ya ka ?

    ReplyDelete
  41. Terima kasih kak atas informasinya. Sangat membantu sekali. Doakan saya ya kak supaya bisa menjadi bagian dr mahasiswa Gizi UI 2018:)

    ReplyDelete
  42. ka...
    syarat masuk jurusan gizi apa saja ya ka, bair saya bisa mempersiapkannya dri sekarangka..
    makasih

    ReplyDelete

Powered by Blogger.