image1 image2 image3 image4 image5

HI I'M ADE PERMATA SURYA|NUTRITIONIST AND MBA HOLDER|BIG DREAMER WITH MORE ACTION|LET'S GIVE IMPACT AND CHANGE THE WORLD!

MUNGGHURT : HASIL PRODUK FERMENTASI KACANG HIJAU (VIGNA RADIATA) SEBAGAI SALAH SATU PENGEMBANGAN PRODUK ALTERNATIF PROTEIN NABATI UNTUK KESEHATAN









MUNGGHURT : HASIL PRODUK FERMENTASI KACANG HIJAU (VIGNA RADIATA) SEBAGAI SALAH SATU PENGEMBANGAN PRODUK ALTERNATIF PROTEIN NABATI UNTUK KESEHATAN


Produk Mungghurt


(Memenangkan Juara I pada Lomba Produk Inovatif Olimpiade Ilmiah FKM UI 2011)

Oleh:
Lini Anisfatus Sholihah/FKM                (0906514001)
Magdalena Sihotang/FKM                   (0906514020)
            Ade Permata Surya/FKM                      (0906492871) 



Abstrak:
Kacang hijau (Vigna radiata) merupakan sumber protein alternatif yang bernilai tinggi baik dilihat dari sisi kesehatan maupun nilai ekonomisnya. Kandungan gizi protein nabati tidak kalah dengan protein dari sumber hewani.  Mungghurt adalah produk inovatif fermentasi dari kacang hijau terbaru yang dapat dijadikan sebagai solusi masalah malnutrisi di Indonesia. Dengan memanfaatkan kandungan protein yang tinggi dalam kacang hijau (Vigna radiata), mungghurt dapat menjadi pilihan alternatif bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan asupan protein harian mengingat harga protein hewani seperti susu atau daging yang mahal. 

Untuk membuat mungghurt, kacang hijau harus diinokulasikan menggunakan starter Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus selama 4 jam dengan suhu 450C. Dalam  proses fermentasi, terjadi peningkatan nilai gizi pada kacang hijau terutama mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, kandungan bakteri baiknya dapat menjaga kesehatan pencernaan selain dapat memenuhi kebutuhan protein masyarakat.

Kata kunci:
fermentasi , kacang hijau, mungghurt, yoghurt.

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.