image1 image2 image3 image4 image5

HI I'M ADE PERMATA SURYA|NUTRITIONIST AND MBA HOLDER|BIG DREAMER WITH MORE ACTION|LET'S GIVE IMPACT AND CHANGE THE WORLD!

PEMBUATAN APLIKASI “PSK”












PEMBUATAN APLIKASI “PSK”
(PREGNANCY SURVEY DAN KONSELING)  BERBASIS DESKTOP
GUNA MEMPERMUDAH  TENAGA KESEHATAN DAN AKADEMISI DALAM MENGIDENTIFIKASI MASALAH STATUS GIZI DAN MENENTUKAN KEBUTUHAN KONSELING IBU HAMIL

Ade Permata Surya/0906492871/2009
Dina Fitriani Haque/ 0906634025/2009
Floristi Dwi Ratna/ 0906563685/2009
Ike Pramitha Mahatmi/ 0906513900/2009


A.    Judul Kegiatan
Pembuatan Aplikasi “PSK” (Pregnancy Survey dan Konseling)  Berbasis Desktop guna Mempermudah  Tenaga Kesehatan dan Akademisi Dalam Mengidentifikasi Masalah Status Gizi dan Menentukan Kebutuhan Konseling Ibu Hamil
B. Latar Belakang Masalah
Kesehatan Ibu hamil dan bayi merupakan permasalahan penting yang perlu mendapat perhatian khusus, terbukti dengan ditetapkannya masalah kesehatan ibu dan kematian anak menjadi salah satu indikator target Millenium Development Goals (MDGs). Hal ini menjadi penting dikarenakan masa dalam kandungan merupakan window of opportunityseorang anak yang akan menentukan kualitas SDM setelah anak beranjak dewasa, dan semua itu akan berlangsung secara maksimal ketika status kesehatan ibu selama hamil pun berlangsung optimal.
Namun pada kenyataannya di dunia setiap harinya 1500 ibu dan remaja puteri meninggal karena masalah kehamilan dan melahirkan. Setiap tahun sekitar 10 juta ibu dan remaja puteri mengalami komplikasi kehamilan dan banyak dari peristiwa tersebut yang meninggalkan bayi cacat dan infeksi. Sedangkan di Indonesia, setiap jamnya satu ibu meninggal. SDKI 2007 pun menyebutkan Angka Kematian Ibu (AKI) sebesar 228 per 100.000 kelahiran hidup. Selain itu, berdasarkan demografi dan kesehatan (SDKI) 2007, sekitar 146.000 bayi usia 0-1 tahun dan 86.000 bayi baru lahir (0-28 hari) meninggal setiap tahun di Indonesia. Angka kematian bayi di Indonesia adalah 34 per 1000 kelahiran hidup. Padahal diharapkan pada 2015 angka kematian bayi turun menjadi 23 per kelahiran hidup sesuai target MDGs. (Kemenkes RI, 2010)
Kondisi kesehatan ibu yang rendah karena berbagai penyakit yang tidak diobati dengan tepat sebelum atau semasa hamil sering menjadi penyebab utama kematian ibu dan bayi yang baru lahir. Padahal berbagai resiko kehamilan bagi seorang ibu dan bayinya dapat dikurangi secara bermakna, salah satunya jika Ibu hamil diperiksa kesehatannya secara teratur oleh petugas kesehatan terlatih paling sedikit empat kali selama hamil (Ante Natal Care/ ANC triwulan pertama minimal satu kali, ANC triwulan kedua minimal satu kali, ANC triwulan ketiga minimal 2 kali) (Kemenkes RI, 2010). Ibu hamil beserta keluarganya juga harus mampu mengenali tanda-tanda persalinan dan tanda bahaya kehamilan. Mereka harus memiliki rencana persalinan dan pencegahan komplikasi untuk mendapatkan pelayanan serta pertolongan tenaga kesehatan, dan semua itu mungkin didapatkan apabila Ibu Hamil rutin memeriksakan kandungannya.
Sayangnya jumlah ibu yang menjalani perawatan antenatal sebanyak 4 kali baru mencapai 50 %. Disamping rendahnya pemeriksaan tersebut, permasalahan yang sering timbul dalam pelaksanaan pemeriksaan kehamilan adalah sukarnya mengetahui berat badan (BB) ibu pra hamil, hal ini dikarenakan pada umunya ibu hamil tidak mengetahui atau tidak menimbang BB sebelum hamil, telatnya mengetahui kehamilan sehingga tidak ingat BB terakhir pra hamil, dan adanya keterbatasan dalam mengingat. Padahal BB pra hamil adalah faktor utama dalam mengetahui besarnya pertambahan BB selama hamil yang harus dicapai. Dan pertambahan BB yang adekuat selama hamil merupakan alat ukur utama dalam memonitoring kehamilan.
Untuk menghadapi permasalahan tersebut, Indonesia membutuhkan sebuah aplikasi yang mampu mengetahui dan menghitung BB pra hamil secara otomatis dan menunjukkan hasil pertambahan BB yang perlu dicapai, sehingga mempermudah pekerjaan para tenaga kesehatan maupun akademisi dalam memeriksa dan mengumpulkan data BB pra hamil untuk mengidentifikasi apakah pertambahan BB sudah adekuat atau belum, selain itu aplikasi ini pun dapat menentukan kebutuhan konseling ibu hamil.
Aplikasi Software PSK dirancang khusus dalam menjawab tantangan tersebut. Dengan adanya aplikasi ini maka perhitungan bukan lagi hal sulit dan intervensi selama monitoring kehamilan dapat mengenai sasaran individu secara lebih spesifik.  PSK juga memiliki fitur-fitur canggih yang dirancang sebagai media tenaga kesehatan dalam memberikan konseling, juga sebagai aplikasi perhitungan para akademisi dalam mangakumulasi data-data survey ibu hamil yang telah didapatkan untuk diteliti.
C. Perumusan Masalah
Dari penjabaran di atas munculah berbagai pertanyaan, diantaranya (1) Bagaimana pengembangan aplikasi yang dapat mengidentifikasi status gizi ibu hamil, (3) Bagaimana pengembangan fitur-fitur yang dibuat sebagai penentu kebutuhan konseling pada ibu hamil
D. Tujuan
a.       Tujuan Umum:Membuat dekstop application software“PSK” (Pregnancy Survey And Konseling)  guna Mempermudah  Tenaga Kesehatan dan Akademisi Dalam Mengidentifikasi Masalah Status Gizi dan Menentukan Kebutuhan Konseling pada ibu hamil yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis java.
b.      Tujuan Khusus:
1)      Mengembangkan aplikasi yang dapat mengidentifikasi status gizi ibu hamil
2)      Mengembangkan berbagai fitur sebagai penentu kebutuhan konseling pada ibu hamil
E. Luaran yang Diharapkan
1.         Aplikasi
Terciptanya dekstop application software  bernama “PSK” (Pregnancy Survey And Konseling)  yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis java.
2.         Menu Aplikasi
Dalam aplikasi ini nanti nya akan ada beberapa pilihan menu, antara lain:
1)      Menu Profile
Kategori menu yang digunakan oleh pengguna untuk memanajemen data pasien / client  yang dilayani. Menu ini terdiri dari Profil Pengguna, Profil Kandungan.
a)      Profil Pengguna (User Profile)
Menu untuk mengubah profil pengguna, atau create new user
b)      Profil Kandungan (Pregnancy Profile)
Untuk memprediksi usia kandungan, jadwal lahir, menambah, mengubah profil kandungan.
2)      Menu Kandungan
Kategori menu yang digunakan oleh member untuk melihat dan mematau perkembangan kehamilannya. Menu ini terdiri dari memantau berat badan, pertumbuhan janin  dan perkembangan ibu.
a)      Memantau Berat badan
Untuk memantau perubahan berat badan, dan juga melihat nasehat dan grafik berat badan dari minggu ke minggu.
b)      Pertumbuhan Janin
Berfungsi  untuk member melihat perkembangan janinnya dari minggu ke minggu selain itu ada ilustrasi dan diskripsi penjelasannya.
c)      Perkembangan Ibu
Berfungsi untuk member melihat perubahan yang terjadi pada kondisi ibu ditiap semester dan terdapat diskripsi penjelasannya sehingga lebih mudah dipahami.
3)      MenuKonseling Gizi
Kategori menu yang digunakan member untuk melihat kebutuhan gizi yang dianjurkan pada kehamilannya. Menu ini berfungsi untuk melihat kebutuhan nutrisi dan gizi, disetiap semester terdapat diskripsi  penjelasannya sehingga dapat diinformasikan mengenai kebutuhan nutrisi dan makanan pengganti untuk memenuhi kebutuhan ibu hamil.
4)      Menu Log / Content
Kategori menu yang memberikan layanan diary, sehingga kejadian, permasalahan, naseht yang diberikan ataupun curahan hati ibu bisa ditulis
3.      Fitur-Fitur
Sedangkan fitur-fitur yang akan ditampilkan pada aplikasi ini diantaranya:
·         Memantau pertumbuhan berat badan ibu hamil
Pengguna memasukkan data berat badan ibu hamil kedalam aplikasi secara periodik, lalu aplikasi memproses data tersebut dengan membandingkan dari status IMT dan koefisien berat badan lalu menampilkan grafik pertumbuhan berat badan ibu hamil, informasi mengenai kondisi kesehatan ibu hamil, serta nasehat penyuluhan kesehatan dan gizi ibu hamil.
·         Menampilkan data perkembangan dan pertumbuhan janin.
Dengan pengguna memasukkan data, hpmt sistem dapat mengetahui prediksi usia kehamilan dan membandingkan usia tersebut dengan minggu sekarang. Sehingga pengguna dapat melihat data pertumbuhan janin, sesuai dengan usia kehamilan saat itu.
·         Menampilkan data perkembangan tubuh ibu
Seperti halnya fitur pertumbuhan janin, dengan pengguna memasukkan data, sistem dapat mengetahui prediksi usia kehamilan dan membandingkan usia tersebut dengan minggu sekarang. Sistem menggolongkan usia kehamilan tersebut masuk trisemester keberapa, lalu pengguna dapat melihat perkembangan tubuh ibu berdasarkan trisemester sesuai dengan usia kehamilan saat itu.
·         Menampilkan data gizi yang dianjurkan bagi ibu hamil
Dengan sistem mengetahui trisemester usia pengguna saat itu, pengguna dapat melihat info gizi ibu hamil yang dianjurkan saat itu.
·         Menampilakan nasehat dan info status IMT ibu hamil
Dengan sistem mengetahui status IMT yang didapat dari pengguna yang memasukkan data berat badan dan tinggi badan sebelum hamil, pengguna dapat melihat nasehat dan info dari status IMT nya.
·         Menampilakan makanan yang dianjurkan bagi ibu hamil
Pengguna dapat melihat menu makanan dan juga makanan pengganti yang disarankan ketika dalam masa kehamilan.
·         Memprediksi jadwal persalinan dan usia kehamilan
Pengguna dapat memprediksi jadwal persalinan dan usia kehamilan, dengan memasukkan tanggal hari pertama menstruasi terakhir ibu hamil. Data itu dihitung menggunakan suatu rumus, lalu pengguna dapat melihat prediksi kelahiran janin dan usia kehamilannya.
·         Fitur diary
Bagi praktisi kesehatan / konsultan  kehamilan dapat mencatat semua kejadian penting yang berhubungan dengan kehamilan client/ pasiennya. Sistem memberikan layanan diary untuk dapat memanajeman  kontennya seperti menambah, mengedit dan menghapus diary.
·         Fitur Kehamilan dengan Kebutuhan Khusus
Fitur ini akan menjelaskan secara detail mengenai jenis-jenis kehamilan yang berkebutuhan khusus serta bagaimana penanganan dan diet yang tepat bagi Ibu hamil yang mengalaminya.
·         Fitur Mitos Seputar Kehamilan
Fitur ini membantu para tenaga kesehatan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai mitos-mitos seputar kehamilan yang masih banyak ditemukan di Indonesia selama konseling secara lebih ilmiah.
·         Fitur Export DokumenPengguna dapat melakukan eksport dokumen dari aplikasi kedalam format .xls , .xlsx  dan .csv. Dengan fitur ini, pengguna juga dapat melakukan perhitungan dari data data yang telah masuk, seperti menghitung variance, standar deviasi dan berbagai menu statistik lainnya.
F. Kegunaan
1.      Membantu para tenaga kesehatan dan para akademisi dalam menentukan berat badan ibu pra hamil dimana data tersebut sering tidak diketahui dan dilupakan oleh ibu hamil itu sendiri, sehingga dapat mengidentifikasi pertambahan BB dan menentukan adekuat atau tidaknya pertambahan BB tersebut.
2.      Tersedianya aplikasi software yang langsung dapat merespon kebutuhan konseling gizi ibu hamil
G. Tinjauan Pustaka
a)      Karakteristik Kehamilan
Menurut Manuaba (2003) kehamilan adalah mengandung anak. Masa kehamilan dimulai dari konsepsi hingga lahirnya janin. Lamanya kehamilan normal adalah 280 hari ( 40 minggu atau 9 bulan ) dan dibagi menjadi 3 periode atau trimester, masing-masing berlangsung 3 bulan. Kehamilan 40 minggu dikatakan cukup bulan.
Kehamilan membawa perubahan bagi tubuh ibu hamil untuk menjamin kelangsungan hidup dan kesehatan janin yang dikandungnya. Perubahan yang paling mencolok pada tubuh ibu hamil adalah terjadinya pertambahan berat badan. Besarnya pertambahan berat badan yang sesuai untuk ibu hamil dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu:
1.      Berat badan ibu sebelum hamil.
Berat badan ibu sebelum hamil dapat dihitung menggunakan rumus perkiraan ( Achadi, 1995) sebagai berikut:

Berat badan sebelum hamil (kg) =      BB2 – BB1

 


Keterangan      :
BB1       :  BB pertama yang diukur saat usia kandungan <  24 minggu
BB2       : BB kedua yang diukur saat usia kandungan > 28 minggu
Perlu diingat bahwa jarak pengukuran antara BB1 dan BB2  minimal  11 minggu.
2.      Tinggi badan ibu.
3.      IMT ibu sebelum hamil.
IMT ibu sebelum hamil dihitung berdasarkan rumus sebagai berikut:

IMT sebelum hamil (kg/m2)  =                           

 




Hasil perhitungan IMT akan menentukan berapa kilogram (kg) penambahan berat badan yang harus dicapai oleh seorang ibu hamil
 Tabel 1   :   Pertambahan Berat Badan Berdasarkan IMT Sebelum Hamil
Nilai IMT
Pertambahan Berat Badan (kg)
Rendah (<19,8 kg/m2)
12,5-18,0
Normal (19,8-26,0 kg/m2)
11,5-16,0
Tinggi (26,1-29,0 kg/m2)
7,0-11,5
Obes (>29,0 kg/m2)
7,0
Kembar dua*
16,0-20,0
Kembar tiga*
23,0
   *Tanpa memandang nilai IMT
( Dikutip dari:Arisman, Gizi Dalam Daur Kehidupan, EGC, 2008)
b)     Kebutuhan Zat Gizi Saat Hamil
Perencanaan kebutuhan gizi pada ibu hamil sebaiknya mengacu pada AKG ( Angka Kecukupan Gizi). Secara umum, kebutuhan gizi pada ibu hamil lebih tinggi dibandingkan ibu yang tidak hamil.  Saat hamil, misalnya, kebutuhan protein meningkat sampai 68%, asam folat 100%, kalsium 50%, dan zat besi 200 – 300% (Arisman, 2002).

        Tabel 2   :   Kebutuhan Zat Gizi Ibu Hamil yang Dihitung Berdasarkan Persentase Peningkatan Asupan Gizi di atas Kebutuhan Wanita Tidak Hamil
Zat Gizi
%
Zat Gizi
%
Kalori
14 %
Asam folat
122 %
Protein
68 %
Vitamin B12
10 %
Vitamin D
100 %
Kalsium
50 %
Vitamin E
25 %
Fosfor
50 %
Vitamin K
8 %
Magnesium
14 %
Vitamin C
17 %
Besi
100 %
Thiamin
36 %
Seng
25 %
Riboflavin
23 %
Yodium
17 %
Niasin
13 %
Selenium
18 %
Vitamin B6
27 %



( Dikutip dari:Arisman, Gizi Dalam Daur Kehidupan, EGC, 2008)

Namun demikian, pada beberapa ibu dengan kondisi kesehatan khusus, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan.

c)      Software  dan Bahasa Pemrograman
Software adalah perintah (program komputer) yang dieksekusi memberikan fungsi dan petunjuk  kerja seperti yang diinginkan. Struktur data yang memungkinkan program memanipulasi informasi secara proporsional dan dokumen yang menggambarkan operasi dan kegunaan program.
Aplikasi PSK  ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman java. Java merupakan salahsatu programming language berbasis object orientedyang populer digunakan. Java sendiri mulai berkembang pada awal 1990, dibawah pengembangan sun microsystem yang saat ini merupakan bagian dari oracle. Java merupakan bahasa pemrograman yang bersifat umum/non-spesifik (general purpose), dan secara khusus didesain untuk memanfaatkan dependensi implementasi seminimal mungkin. Dependensi yang kecil itulah yang menyebabkan java banyak dipilih oleh developeruntuk mengembangkan aplikasi lintas platform, sehingga dapat tetap dijalankan di berbagai sistem operasi (Addison, 2001). Bahasa pemrograman java populer digunakan untuk pengembangan aplikasi karena beberapa faktor, diantaranya (Addison, 2001) :
·         Multiplatform.Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kelebihan utama dari Java ialah dapat dijalankan di beberapa platform / sistem operasi komputer, sesuai dengan prinsip tulis sekali, jalankan di mana saja. Dengan kelebihan ini pemrogram cukup menulis sebuah program Java dan dikompilasi (diubah, dari bahasa yang dimengerti manusia menjadi bahasa mesin / bytecode) sekali lalu hasilnya dapat dijalankan di atas beberapa platform tanpa perubahan. Kelebihan ini memungkinkan sebuah program berbasis java dikerjakan diatas operating system Linux tetapi dijalankan dengan baik di atas Microsoft Windows. Platform yang didukung sampai saat ini adalah Microsoft Windows, Linux, Mac OS dan Sun Solaris. Penyebanya adalah setiap sistem operasi menggunakan programnya sendiri-sendiri (yang dapat diunduh dari situs Java) untuk meninterpretasikan bytecode tersebut.
·         Tulis lebih sedikit program. Jumlah kelas, jumlah metode, dll, menunjukkan bahwa program yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java memiliki jumlah 4 kali lipat lebih kecil dari program sama yang ditulis dalam bahasa lain (C++ misalnya)
·         Libraryyang lengkap. Java terkenal dengan kelengkapan library (kumpulan program program yang disertakan dalam pemrograman java) yang sangat memudahkan dalam penggunaan oleh programmer untuk membangun aplikasinya. Kelengkapan library ini ditambah dengan keberadaan komunitas Java yang besar yang terus menerus membuat library - library baru untuk melingkupi seluruh kebutuhan pembangunan aplikasi.
·         Membuat program dengan lebih cepat. Bahasa pemrograman Java lebih mudah dari C++, pemrograman akan menjadi 2 kali lipat lebih cepat, dengan jumlah baris yang jauh lebih sedikit.
·         Tulis sekali, jalankan di mana saja. Karena aplikasi yang ditulis dalam bahasa Java dikompilasi ke dalam kode byte yang bebas platform, aplikasi yang ditulis dapat jalan secara konsisten pada platform apa saja.

H. Metode Pelaksanaan
a) Analisa dan Perancangan Aplikasi
Beberapa tahap dalam perancangan Dekstop Application Software  ini antaralain meliputi tahap Requirement Gathering (Perencanaan Kebutuhan), tahap Analysis (Analisis) dan tahap Design (Perancangan). 
1.      Requirement Gathering
Tahap Requirements Gathering merupakan tahap dimana kita menganalisis terhadap masalah, fungsi dan komponen produk yang akan dibuat dan hasil dari tahap ini adalah sebuah dokumen kebutuhan yang meliputi analisis domain, analisis fitur, identifikasi sistem dan analisis kebutuhan sistem. (Schmuller, 2002).
1)      Analisis User
Pengguna utama (main user) dari aplikasi ini adalah praktisi kesehatan khususnya tenaga kesehatan kehamilan dan akademisiyang concern di bidang kehamilan.
2)      Analisis Fitur
3)      Analisa Domain
Aplikasi yang akan dibangun merupakan dekstop application software. Sebelum menggunakan aplikasi ini diperlukan adanya penginstalan. Aplikasi ini dapat dijalankan pada sistem operasi apapun karena dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis java.
2.      Analysis
Merupakan proses untuk menganalisa hasil dari proses Requirement Gathering dimana hasil analisa tersebut diwujudkan dalam bentuk pemodelan menggunakan diagram UML. Ada dua point penting dalam tahap analysis yaitu identifikasi kebutuhan sistem dan memperinci diagram kelas. (Schmuller, 2002).
3.      Design
Tahap ini dibuat berdasarkan hasil dari tahap analisis. Dalam tahap ini terdapat perancangan database, perancangan interface dan perancangan aplikasi.
b)  Pembahasan Aplikasi
Aplikasi dapat dijalankan. Aturan aplikasi ini terdiri dari beberapa aktifitas yang akan dilakukan antara lain.
a.       Sebelum bisa menggunakan aplikasi ini pengguna harus melakukan instalasi terlebih dahulu.
b.      Setelah mengistal aplikasi, pengguna harus melakukan pengisian / membuat profil pengguna (user profile) dilanjutkan dengan pengisian profil kandungan.
c.       Semua fitur aplikasi ini belum aktif ketika pengguna belum mengisi profil kandungannya kecuali fitur diary.

Share this:

CONVERSATION

1 comments:


  1. Coba peruntungan Anda di SINIDOMINO, Agen Domino Online Terbaik di Indonesia.
    Hanya dengan Minimal Deposit Rp 20.000,- Anda sudah bisa menikmati 7 permainan dalam 1 ID yang di sediakan SINIDOMINO.
    Buruan gabung dan daftarkan diri Anda Jangan sampai ketinggalan ya!!!
    SINIDOMINO juga memberikan Bonus Menarik untuk Para Poker Mania :
    ? Bonus Referral 20% (Seumur Hidup)
    ? Bonus Cashback Up To 0.5%. Dibagikan Setiap hari SENIN
    ? 100% murni Player vs Player ( NO ROBOT )
    Untuk Info Lebih Lanjut Bisa Hubungi Customer Service Kami di :
    LiveSupport 24 jam (NONSTOP)
    ? LiveChat :http://www.sinidomino.com/?ref=limm88
    ? Pin BBM : D61E3506
    Terima Kasih
    poker online

    ReplyDelete

Powered by Blogger.