image1 image2 image3 image4 image5

HI I'M ADE PERMATA SURYA|NUTRITIONIST AND MBA HOLDER|BIG DREAMER WITH MORE ACTION|LET'S GIVE IMPACT AND CHANGE THE WORLD!

SUKSES MENGHADAPI JOB INTERVIEW












SUKSES MENGHADAPI JOB INTERVIEW





            Hari ini saya baru saja menghadapi first interview dari salah satu perusahaan favorit saya Nah, bagi teman-teman yang akan menghadapi job interview juga, saya mau share hal-hal penting terkait interview, mulai dari pertanyaan yang paling sering muncul dan pertanyaan jebakan, lalu bagaimana jawaban cerdas menghadapinya, serta tips-trik sukses job interview yang sudah saya rangkum dari beberapa buku best seller JOB INTERVIEW  dan dari pengalaman saya sendiri. Ok, semoga artikel ini bermanfaat dan semoga sukses menghadapi job interviewnya yaaaa :D

A.    PERTANYAAN YANG PALING SERING MUNCUL
1.      Silahkan perkenalkan diri anda!
contoh (English): “My  name is Ade Permata Surya. I have graduated from Nutrition, Faculty of Public Health, Universitas Indonesia with Cum Laude. When I am in University, I try to equalize between academic and extraculicullar activities. (tell another things that you think important to tell)”
2.      Ceritakan pengalaman kepemimpinan terbaik anda!
contoh (English):
è My best leadership experience when I became Project Officer of Heal The World events. Actually, this is my first leadership experience. Before, I never become a leader but I challenge and eager myself to act as leader. I try to  myself to become a leader and not being selected from another person.
è When become a leader, I face many problem. Lead teams with different background and activities. Moreover, I must manage approximately 100 people (tambahin masalah lain)
è With lack of experience, I try to become a totality leader. I become superteam not superman. Every problem are solved by the team. Each other have their own responsibility and responsible to do the job prior to the deadline.
è Heal the world become success. As the result, GC UI name were become well-known by many stakeholder, such as government, NGO, etc.
3.      Apa rencana kerja anda di masa depan/ 5 tahun mendatang?
Jawaban paling aman hendaknya mencakup adanya keinginan untuk dipandang sebagai professional dan pemain tim.  “Saya selalu merasa bahwa pengetahuan langsung dan pengalaman saya membuka peluang yang tidak terpikirkan orang lain, karenanya saya berencana menjadi bagian dari (misalnya) operasi dan masuk akal jika saya berharap peluang menarik lainnya akan segera muncul.”
4.  Saya ingin mendengar sesuatu yang telah anda pelajari di Universitas yang bisa dimanfaatkan dalam pekerjaan ini?
Pewawancara ingin mendengar keterampilan ‘nyata’, karenanya mengharuskan anda memberikan penjelasan tentang pengalaman  yang diajarkan dari kuliah anda bukan sekedar mata kuliah tertentu. “Dalam kuliah saya, saya berusaha mengejar kuliah-kuliah yang paling banyak memiliki relevansi praktis, misalnya…, namun pelajaran terbesar yang saya pelajari adalah pentingnya ….” kemudian sebutkan kekuatan karakter personal anda.
5.      Apa yang telah anda lakukan yang menunjukkan insiatif dan tekad untuk bekerja?
Berikan suatu ilustrasi pengalaman anda yang memperlihatkan adanya inisiatif dimana anda mengatasi masalah dengan tenang dan mengantisipasi masalah-masalah lain. Anda bisa mengakhiri jawaban anda dengan kalimat “Manajer divisional menghampiri saya ketika saya selesai mengerjakan tugas tersebut dan dia mengatakan bahwa dia berharap ada lebih banyak orang yang bisa bekerja dengan memberikan kebanggan sedemikian.”
6.      Bisakah anda menerima perintah tanpa merasa tertekan?
“Ya, saya bisa menerima kritikan konstruktif tanpa merasa terluka.”
7.      Kualifikasi apa yang anda miliki yang akan membuat anda sukses dalam bisnis ini?
Ada tuntutan untuk memberikan jawaban lebih dari sekedar kualifikasi akademis saja. Anda perlu menekankan pengalaman kerja yang relevan dan menjelaskan poin kekuatan anda karena mereka menyesuaikan karakter personal kunci anda dengan posisi yang anda cari.
8.      Mengapa anda pikir anda akan menyukai tipe pekerjaan ini?
Pertanyaan biasanya ditanyakan untuk melihat apakah anda benar-benar memahami profesi yang akan anda lakukan kelak; sehari-hari, karenanya untuk menjawab pertanyaan tersebut anda perlu meneliti perusahaan dan fungsi pekerjaan yang ditawarkan.
9.      Apa gagasan anda tentang cara kerja industry?
“Peran perusahaan adalah menghasilkan sebanyak mungkin uang, secepat dan seefisien mungkin dengan cara sedemikian rupa sehingga mendorong terjadinya kerja sama lanjutan dengan pelanggan yang sudah ada dan kerjasama baru dengan pelanggan baru sebagai hasil dari persinggungan mulut ke mulut dan reputasi.”
10.  Apa yang anda ketahui tentang perusahaan kami?
Anda harus terlebih dahulu meneliti, paling tidak mencari tahu tentang perusahaan yang memberikan lowongan kerja tersebut.
11.  Menurut anda, apa yang menentukan kemajuan pada sebuah perusahaan yang unggul?
Jawaban anda meliputi semua karakter personal positif yang telah anda ilustrasikan saat wawancara. masukkan kiasan tentang kegigihan, kemampuan menerima hal-hal berat dengan tenang. kepatuhan terhadap sistem dan prosedur.
12.   Apa alasan anda bahwa anda bisa sukses dalam profesi ini?
Pewawancara ingin tahu apa yang membuat anda bergerak. Berikan jawaban singkat, umum, dan langsung pada pkok masalah. Gunakan pengalaman kerja anda serta nilai-nilai kunci dari karakter personal, professional dan bisnis anda.
13.  Jelaskan peran anda sebagai anggota kelompok?
“Saya mengerjakan pekerjaan saya sedemikian rupa sehingga membantu orang lain menyelesaikan pekerjaan mereka secara efisien. Kita semua memiliki tanggung jawab agar suasana kerja terasa nyaman. Itu berarti setiap orang bekerja untuk kebaikan bersama dan untuk mewujudkan kebaikan itu diperlukan pengorbanan personal”
14.  Bagaimana anda mendefinisikan suasana kerja yang kondusif?
“Situasi dimana tim memiliki semangat menyelesaikan pekerjaan dan hasrat untuk menghasilkan produk yang baik atau memberikan layanan yang baik.”

B.     PERTANYAAN JEBAKAN
1.      Bagaimana anda mendapatkan pekerjaan sambilan anda?
Semua perusahaan lebih senang mencari pelamar-pelamar yang baru lulus namun sudah memiliki pengalaman kerja, apapun jenisnya. Dengan pertanyaan ini pewawancara secara ideal sedang mencari sesuatu yang menunjukkan adanya insiatif, kreativitas dan fleksibilitas.
2.      Pekerjaan apa yang paling tidak anda suka yang pernah anda lakukan?
Pewawancara sedang berusaha membuat anda melakukan kesalahan, karena itu hati-hati jangan sampai anda mengatakan membenci pekerjaan tertentu.
“Semua pekerjaan yang pernah saya lakukan mengandung sisi baik dan buruk, tetapi saya selalu menemukan kenyataan bahwa, jika memang kita mau belajar, ada banyak hal yang bisa didapat setiap hari. Setiap pengalaman itu berharga. Kalaupun ada pekerjaan yang terkesan membosankan, namun pada akhirnya pekerjaan tersebut memberikan pelajaran bernilai dan membantu mempertajam aspek-aspek lain dari karakter personal saya.”
3.      Di Universitas mana anda kuliah dan mengapa anda memilihnya?
“Saya ingin sebuah universitas yang bisa memberi pendidikan yang baik dan mempersiapkan saya memasuki dunia nyata. Universitas ini memiliki catatan  prestasi yang baik dalam mengantarkan mahasiswa untuk benar-benar siap bertanggung jawab di dunia nyata.”
4.      Apakah anda mencari pekerjaan tetap atau sementara?
“Tentu saja, saya sedang mencari pekerjaan permanen. saya ingin menapaki karir saya pada bidang ini dan saya inginn kesempatan untuk belajar bisnis, menghadapi tantangan baru dan belajar dari para professional yang telah berpengalaman.”
5.      Bagaimana cara anda membayar kuliah anda?
Hindari jawaban ‘Ayah membayar semua kebutuhan kuliah saya’. Jika dimungkinkan jawablah bahwa anda bekerja paruh waktu atau mendapat beasiswa, melakukan usaha atau mendapat pinjaman.
6.      Apakah anda pernah bermasalah dengan orang lain?
Ini pertanyaan tertutup yang hanya membutuhkan jawaban ya atau tidak.
7.      Aspek apa dari pekerjaan anda yang menurut anda paling penting?
Pertanyaan ini didesain untuk melihat pola manajemen waktu, keterampilan menentukan prioritas, da nada tidaknya kecenderungan untuk menghindari tugas pada diri anda.
8.      Apakah anda mau pergi kemana pun perusahaan mengirim anda?
Jika jawaban anda ‘tidak’ anda tidak akan mendapatkan tawaran pekerjaan. Tapi jika jawaban anda ‘ya’, anda akan berakhir disembarang tempat.  Karenanya, tanyakan ‘Anda bertanya tentang perjalanan bisnis ataukah mutasi perusahaan?’ Dan pada akhirnya mau tidak mau jawaban anda harus ‘ya.’ Khususnya untuk pekerjaan seperti management trainee, hal tersebut merupakan konsekuensi yang harus anda terima dan dipikirkan secara matang sebelum melamar pekerjaan.
9.      Apa yang anda sukai dan tidak sukai dari pekerjaan anda sebelumnya?
Pewawancara sedang mencari ketidaksesuaian. Dengan demikian, katakana bahwa anda menyukai segala hal dari pekerjaan anda sebelumnya. Anda bahkan bisa mengatakan bahwa perusahaan anda telah mengajarkan pentingnya karakter-karakter kunci bisnis, prestasi dan professional anda.
10.  Apa pekerjaan yang paling tidak relevan yang pernah anda lakukan?
Tidak ada pekerjaan yang sia-sia selama itu mampu meningkatkan pengetahuan anda, maka katakanlah “setiap pekerjaan yang pernah saya lakukan telah memberi saya wawasan baru ke dalam profesi saya, dan semakin tinggi orang mendaki semakin penting baginya memahami level yang paling rendah dan pekerjaan-pekerjaan sederhana yang tidak membutuhkan keahlian. Karena semuanya berperan dalam mendukung perusahaan dalam mendapatkan keuntungan.”
11.  Apakah anda telah melakukan pekerjaan terbaik anda?
“Ya. saya bangga dengan prestasi professional saya hingga saat ini, khususnya (berikan contoh). Namun saya yakin saya belum melakukan yang terbaik. Meskipun demikian, saya selalu termotivasi untuk memberikan yang terbaik.”
12.  Bisakah anda bekerja di bawah tekanan?
“Ya. Situasi yang menekan menurut pengalaman saya justru membangkitkan semangat. Namun, saya yakin bahwa perencanaan dan manajemen waktu yang tepat bisa mengurangi kepanikan ketika mendekati batas waktu dalam wilayah tanggung jawab saya.”
13.  Mengapa saya mesti memberikan pekerjaan ini kepada anda?
Berikan jawaban singkat dan langsung pada pokok masalah. Ringkas deskripsi pekerjaan yang diberikan pewawancara, penuhi satu demi satu dengan kemampuan anda. Akhiri jawaban anda dengan, “Saya memiliki kualifikasi yang anda butuhkan (sebutkan), dan saya adalah seorang pemain tim, saya bersedia menerima arahan dan siap meraih kesuksesan.”
14.  Bagaimana anda mengatasi ketegangan?
“Ketegangan terjadi ketika anda membiarkan sesuatu menumpuk-numpuk. ini biasanya karena kita membiarkan wilayah tanggungjawab lain terabaikan dalam waktu yang lama. Misalnya, jika anda akan  menghadapi presentasi sulit, anda menunda-nunda untuk mempersiapkannya. Saya melihat banyak orang berbuat demikian. Sebuah tugas tampak demikian menumpuk sehingga mereka tidak tahu darimana harus memulai. Saya berhasil belajar bahwa jika kita mampu memisah-misahkan tugas yang menumpuk itu ke bagian-bagian kecil, maka ia tidak akan lagi demikian menumpuk. Karena itu saya yakin, saya tidak akan terlalu banyak berhadapan dengan ketegangan selama saya bisa mengatasi penyebabnya.
15.  Anda lebih suka bekerja bersama orang lain atau sendirian?
Saya mampu bekerja baik dalam tim maupun sendiri. Namun saya lebih menyukai bekerja secara tim dengan rekan-rekan yang lain. Kerjasama kelompok sangat penting. Saya kira semua orang memerlukan bantuan dan kerjasama betapa pun kompetennya dia di dalam suatu perusahaan.”

C.     TIPS DAN TRIK SUKSES MENGHADAPI JOB INTERVIEW
Masukkan karakter-karakter kunci ke dalam ilustrasi jawaban anda terhadap pertanyaan pewawancara akan membuat anda berhasil meraih pekerjaan apa pun dan menapaki  tangga bagi perkembangan karir di sebuah perusahaan baru.
a.       Karakter personal:
1.      Semangat
2.      Motivasi
3.      Kemampuan komunikasi
4.      Memiliki aura positif
5.      Energi
6.      Kegigihan
7.      Kepercayaan diri
b.      Karakter professional
1.      Dapat dipercaya
2.      Kejujuran dan integritas
3.      Bangga
4.      Dedikasi
5.      Kemampuan analitis
6.      Kemampuan mendengar
c.       Karakter prestasi
1.      Menghemat uang
2.      menghemat waktu
3.      Uang yang diperoleh: menghasilkan uang adalah tujuan setiap perusahaan
d.      Karakter bisnis
1.      Efisiensi
2.      Ekonomis
3.      Prosedur
4.      Keuntungan

Oke guys, semoga sukses job interview nya.. dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan ya.. salam sukses.



Sumber:
Yate, M.J. 2012. Jawab Job Interview dengan Tangkas dan Pede. Yogjakarta: Buku Biru.
No name. 2007. English Job Interview – Wawancara Kerja dalam Bahasa Inggris. Harmoni


Share this:

CONVERSATION

2 comments:

Powered by Blogger.