image1 image2 image3 image4 image5

HI I'M ADE PERMATA SURYA|NUTRITIONIST AND MBA HOLDER|BIG DREAMER WITH MORE ACTION|LET'S GIVE IMPACT AND CHANGE THE WORLD!

HATI-HATI DENGAN OKK (ORIENTASI KEHIDUPAN KAMPUS) UNIVERSITAS INDONESIA!












Seperti apa Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) dan Orientasi 

Pengenalan Kampus (OPK) di Universitas Indonesia dan di Setiap 

Fakultasnya???


Perhatian: Artikel di bawah ini merupakan kutipan langsung/salinan ulang dari Majalah UI Guide Edisi III-2009 Discover Your New Life, hal 09-10 “Serba-Serbi OKK dan OPK.”

Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) Tingkat Universitas
Ospek di UI bernama OKK UI. dan biasanya berlangsung selama dua hari. Hari pertama diisi dengan  kegiatan simulasi aksi dan seminar-seminar yang membangkitkan semangat mahasiswa baru. Seperti tahun 2008 kemarin salah satu seminarnya diisi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, Adhyaksa Dault. Dan di tahun 2013 ini ada salah satu seminar dimana pembicaranya adalah Dahlan Iskan dan anak kandung dari Bapak Aburizal Bakrie. Hari pertama ini diakhiri dengan dinamika kelompok antar MABA (Mahasiswa Baru) yang sangat seru. Lanjut ke hari kedua diisi dengan pameran dan perkenalan UKM-UKM Universitas. Disana kamu bisa memilih UKM mana yang bisa memfasilitasi kamu untuk mengembangkan diri sesuai minat dan bidang kamu. Tiap tahun, bisa saja OKK mengalami perubahan acara supaya MABA bisa banyak mengambil pelajaran dari pelaksanaan OKK UI.
Mulai tahun 2012, setiap OKK Universitas akan ada seminar pengenalan mengenai “PKM” atau Program Kreativitas Mahasiswa. Dan kebetulan di tahun 2013 sekitar Agustus kemarin, saya yang berkesempatan berbicara di hadapan 8000 MABA di Balairung UI untuk mengenalkan PKM tersebut. Hal ini disebabkan mulai tahun 2012, semua MABA (S1 reg, vokasi, parallel) diwajibkan membuat PKM. Dan wajib mengumpulkan PKM tsb jika ingin diakui sebagai mahasiswa aktif oleh IM UI (Ikatan Mahasiswa UI). Jika mau tahu lebih lanjut PKM itu apa silahkan klik ini. Nah, Tapi gak Cuma OKK loh yang seru, ada lagi OPK yaitu ospek fakultas. Mau tahu serunya seperti apa? Ayo kita telusuri!

Ade Permata (Saya) Ketika menjadi salah satu pembicara di OKK UI mengenai PKM - Karya Ilmiah

twicsy.com

Pengenalan UKM di hari ke2 OKK UI
kmhd.ui.ac.id 

Pengenalan UKM di hari ke2 OKK UIwww.hockeyui.org

Orientasi Pengenalan Kampus (OPK) di Tingkat Fakultas

Fakultas Kesehatan Masyarakat
            Ospek FKM ini terdiri dari banyak kegiatan mulai dari Pra OKK, OPK, Mabim (Masa Bimbingan), magang dan penutupan OPK. Ada yang unik di OPKnya FKM yang berlangsung selama dua hari. Katanya pas OPK kalau ada yang ngelakuin kesalahan akan dimasukkan ke dalam ruangan gelap dan di evaluasi. Katanya lagi, sejak awal pra OKK bakalan ada senior yang menyusup menjadi MABA. Wah kira2 mau ngapain ya? Pokonya hati-hati ya buat para MABA. Terus ada magang juga nih di lembaga kemahasiswaan FKM (BEM, Nurani, MPM, dll.) dimana mereka akan diikutsertakan dalam program kerja tempat mereka magang. So, bisa buat nambah pengalaman bagus nih.. J

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Sama seperti OPK di fakultas lain, OPK atau PSAF (Pengenalan Sistem Akademik Fakultas) FISIP berlangsung selama dua hari dimana MABA diharapkan MABA saling mengenal satu sama lain, baik yang sejurusan maupun yang beda jurusan di FISIP. Tapi tetap ada yang unik di PSAF FISIP ini yakni masing-masing jurusan berlomba membuat yel-yel dan yang paling bagus akan dianugerahi sebagai yel-yel terbaik. Di sini juga MABA FISIP akan diajarkan yel-yel FISIP yang sudah turun temurun.

Fakultas Matematika dan IPA
          Ospek FMIPA formalnya berlangsung selama 2 hari. Tapia da tambahan satu hari untuk bersih-bersih fakultas dan menonton film angkatan. Yup, membuat film angkatan adalah satu hal yang membedakan OSPEK FMIPA dengan fakultas lainnya. Jadi untuk melihat kekompakan para MABA, mereka disuruh membuat film angkatan dengan tema bebas, misalnya saja angkatan 2008 membuat film tentang isu-isu terkini di saat itu. Selain jadi kompak, MABA jadi bisa mengasah kemampuan sinematografi deh.

Fakultas Ilmu Keperawatan
        Di fakultas yang mayoritasnya berisi MABA perempuan ini, hampir bisa dikatakan tidak ada kekerasan dan marah-marah. Ini sejalan dengan profesi yang akan mereka jalani nanti bila sudah lulus, yakni menjadi sosok perawat yang ramah, lembut namun bisa mengambil sikap. Inilah yang membedakannya dari fakultas lain. Seperti di fakultas lain, OSPEK FIK berlangsung selama dua hari. setelah itu ada acara Mabim selama 3 bulan diisi dengan pemberian tugas, seminar dan pengenalan dunia keperawatan.

Fakultas Kedokteran Gigi
     Nama ospek fakultas yang terletak di Salemba ini adalah PSAF. Fakultas yang satu ini ospeknya termasuk salah satu yang lumayan padat karena sejalan dengan tugas seorang dokter gigi nantinya. Yang unik dari ospek 2 hari adalah hukuman yang bernama ‘dental unit’ dimana mereka disuruh berdiri mengikuti posisi kursi dokter gigi sambil bergerak sebagaimana gerakan kursi dokter gigi. Wah apa jadinya?

Fakultas Ilmu Budaya
      Ada yang sedikit berbeda nih sama ospek FIB yang bernama inisiasi. Tujuan dari inisiasi ini adalah sebagai gerbang masuk HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan). Yang katanya kalau sampai ga ikut, susah untuk kamu eksis di kepanitiaan FIB ke depannya. Inisiasi ini biasanya diadakan di Puncak selama 3 hari 2 malam melalui rangkaian acaranya, kamu akan belajar banyak hal terutama kekompakan dan lebih mengenai karakter teman-teman kamu seangkatan. Pokonya bermanfaat deh!

Fakultas Ilmu Komputer
     Secara umum penerimaan mahasiswa baru (PMB) di Fasilkom dibagi ke dalam 3 kegiatan, yaitu pengenalan sistem akademik fakultas (PSAF), masa bimbingan (Mabim) dan momen keakraban (MK). Sebagaimana fakultas lainnya kegiatan ini lebih bertujuan untuk mengakrabkan antar elemen-elemen dalam fakultas. Untuk kegiatan Mabim yang berlangsung 2-3 bulan mahasiswa diwajibkan memakai Jakun, tujuannya agar mahasiswa lebih mudah di identifikasi sampai nanti akhirnya warga fasilkom terutama satpam bisa mengenali wajah2 mereka, terutama untuk akses laboratorium komputer yang tidak sembarang mahasiswa boleh menggunakannya. Setiap sabtu juga diadakan sabtu ceria, katanya sih biar maba tidak terlalu merasa tersiksa.

Fakultas Kedokteran
      Serangkaian kegiatan PSAF diadakan di kampus FK-UI Salemba dan berlangsung selama dua hari berturut-turut setelah berakhirnya acara OKK di kampus UI Depok. Sebagaimana ospek maba, PSAF walaupun berbau hardikan dan bentakan, para maba juga diberikan tugas membuat karya ilmiah. Selain itu maba juga diharuskan mengikuti seminar-seminar, tepatnya seminar ala ospek yang dipawangi oleh segudang peraturan ketat yang bisa menyiutkan nyali. Hal yang tak kalah menyiutkan nyali dikenal dengan nama ‘kunjungan pahlawan’ adalah sesi mengunjungi kamar mayat. setiap maba diharuskan masuk ke kamar tsb dengan mata tertutup dan baru boleh melihat ketika posisinya sudah tepat berhadap-hadapan dengan muka sang ‘pahlawan’ iwaw.. pasti menimbulkan teriakan hahaha…

Fakultas Teknik
        Di Fakultas Teknik dikenal dengan nama PPAM (Proses Pembekalan Angkatan Muda), terdiri dari 4 hari PPAM Fakultas dan dua hari PPAM Jurusan. Rumor berkembang adalah Teknik menjadi fakultas yang punya sistem ospek yang keras karena notabenenya kebanyakan laki-laki. Terlepas dari itu semua, semua kegiatan dilakukan untuk pembinaan. Setelah pembinaan, maba akan mengikuti Mabim selama 3 bulan.

Fakultas Ekonomi
      Orientasi mahasiswa baru di FE dikenal dengan OPK yang diadakan hanya satu minggu saja. maba diwajibkan menggunakan seragam hitam putih dilengkapi atribut-atribut lain untuk menunjukkan identitas pribadi maupun kelompok. Maba dibagi menjadi beberapa kelompok yang dinamai dengan singkatan dari mata kuliah di FE. Selain kegiatan yang sangat padat di siang hari, maba diberi lagi tugas yang tak kalah banyaknya dalam upaya pengenalan dengan kehidupan kampus sebenarnya di FE. Ada juga “TIBUM” (Ketertiban Umum) sebagai tim / panitia kedisiplinan dimana saat eksekusi aka nada pemberian hukuman untuk “senam surga” atau tepatnya setengah jongkok. Kira2 gimana ya rasanya? :p

Fakultas Hukum
         PSAF di FH mempunyai tujuan yang sama dengan fakultas lain, yaitu pengenalan dengan kehidupan kampus hukum. MABA dilatih untuk membuat karya ilmiah dan pemecahan masalah yang benar-benar mengambil kasus yang sebenarnya terjadi. maba diwajibkan memakai kemeja dan bawahan dasar serta jakun saat PSAF. selain itu maba juga akan diajak mengikuti seminar dan pertemuan dengan orang-orang terkenal dikalangan hukum.

        Nah itu tadi sedikit pembahasan mengenai OKK atau OSPEK di Universitas Indonesia. Namun, karena masih menggunakan sumber tahun 2008, maka ada beberapa fakultas yang tidak ikut dibahas dalam artikel ini, misalnya fakultas farmasi yang baru saja berdiri. Kesimpulan dari saya, OKK di UI itu tidak seperti ospek di kampus pada umumnya, sudah tidak ada perponcoan dan tidak ada yang disuruh melakukan hal-hal tidak masuk akal atau tidak logis. semua fakultas di UI mengajarkan hal yang baik dan tentu pasti ada esensi atau dasarnya, biasanya untuk membuat maba beradaptasi dengan suasana kampus ke depannya, karena setiap fakultas memiliki ritme dan suasana belajar yang berbeda-beda. Di UI pun banyak sekali tugas OKK yang mewajibkan mabanya membuat karya ilmiah (salah satunya PKM) agar lebih cermat melihat permasalahan, belajar berinovasi, dan belajar mengatasi permasalahan yang ada di Indonesia. Pokonya beruntunglah kalian yang bisa masuk di UI.

        Semoga artikel ini dapat membuat teman2 mengetahui seluk beluk OKK UI, lebih termotivasi mengikuti OKK dan tentunya lebih berHATI-HATI di OKK UI agar tidak membuat masalah dan menyelesaikan OKK dengan baik J.


BACA INI JUGA:
-KAMPUS SE-GEDE UI, PUNYA EKSKUL APA AJA???
-PIKIR DUA KALI MASUK ILMU GIZI UI …!

Share this:

CONVERSATION

3 comments:

  1. Halo mau ngeralat aja hehe buat fisip namanya PSAK bukan PSAF dan pas 2013nya ospek diadain 4 hari dan diisi sama macem2 hal kyk bikin pkm, bersih2 kampus, games, penganalan kampus, diskusi, simulasi aksi, dinamika angkatan kyk pemilihan ketua angkatannya gt gt trs ada banyak tugas tugas salah satunya kyk wawancara klmpk marginal dll sampe gala dinner dan di fisip juga ada tibumnya hahaha jd ga cuman soal yel yel :)) tp kalo yel yel turunan inget bgtsih emg diajarinnya diawaaal bgt hehe

    ReplyDelete
  2. Hi, terimakasih untuk tambahannya.. artikel ini memang mengacu pada kondisi OKK UI saat tahun 2009/ 2010.. sehingga jika dibandingkan dengan tahun 2013, pasti sudah banyak yang berbeda..baik dalam hal nama maupun kegiatannya..

    ReplyDelete
  3. Ospek itu selalu menakutkan gak ya?
    Tapi masih kental dengan aksen marah-memarahi kan?
    Aku takut banget mau ospek.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.