image1 image2 image3 image4 image5

HI I'M ADE PERMATA SURYA|NUTRITIONIST AND MBA HOLDER|BIG DREAMER WITH MORE ACTION|LET'S GIVE IMPACT AND CHANGE THE WORLD!

KAMPUS SE-GEDE UI, PUNYA EKSKUL APA AJA???










ORGANISASI KEMAHASISWAAN & UKM (UNIT KEGIATAN MAHASISWA) UNIVERSITAS INDONESIA


    Terinspirasi dari percakapan dengan teman yang kuliah di salah satu Univ Swasta di Jakarta. Percakapannya seperti ini:
Kasus:
“De, kok lo aktif di banyak organisasi dan kegiatan kampus, jadi ketua2nya malahan.. trus masih bisa dapet nilai cumlaude?”
Dan dengan meringis gw jawab “Ya ampunnn.. gw di UI itu gak ada apa-apa nya banget.., masih biasa banget, justru temen2 gw yg lebih aktif dari gw itu lebih banyak dan IPKnya pun jauuuh lebih tinggi dibanding gw” (Dia gak tau aja yang MAPRES (Mahasiswa Berprestasi) UI itu aktivis parah dan IPKnya nyaris 4). “Kalo di UI itu yang gw perhatiin rata2 malah yang IPKnya tinggi2 itu ya anak2 yang aktif. Malah yang study oriented gw perhatiin biasa2 aja, atau paling Cuma beda sedikit.”  “Anak-anak yang aktif itu justru udah terbiasa me manage waktu, terbiasa dalam tekanan, terbiasa persentasi, terbiasa berinteraksi sama petinggi2 kaya dosen, punya banyak link senior buat nanya2 perkuliahan. Sekarang trennya udah berubah, anak yg study oriented justru agak tertinggal dibidang akademisnnya”
“Oh gitu, soalnya dikampus gw, kebanyakan organisasi yang ada, visinya udah berubah, bukan untuk sosial lagi, tapi untuk bener2 nyari ketenaran De, nyari sensasi, sama  pingin ngerjain junior. Makanya gw gak ikut disatupun kegiatan kampus.”

      Ok. Dari percakapan di atas, banyak hal yang bisa di gali. Ternyata gak semua kampus mampu memberikan semua kebutuhan mahasiswa-mahasiswanya. Gak semua kampus benar2 mempersiapkan anak didiknya ke gerbang kehidupan yang “sebenarnya” setelah mereka lulus kuliah nanti. Di zaman sekarang ini, hard skill is necessary but is not sufficient, kita butuh pelengkap yang namanya “soft skill”. Meskipun kenyataannya memang antara atmosfer organisasi saat kuliah di kampus pun berbeda dengan yang ada di lapangan, tapi setidaknya ekstrakulikuler  tersebut mampu memberikan gambaran kepada kita secara nyata. Membuat kita terbiasa untuk cepat beradaptasi, terbiasa untuk bersosialisasi, terbiasa untuk berkompetisi, dan hal utama juga dapat menambah relasi dan link kita saat kita mencari kerja.

        Memang awalnya tidak terasa penting, tapi dari pengalaman saya, teman2 yang kurang aktif tersebut akhirnya baru ribut dan menyesal saat lulus dan saat memasuki proses screening CV untuk mencari kerja. Mereka sudah minder diawal karena merasa kurang aktif dan berpengalaman. So, kesimpulannya, selain kalian berfikir mencari Kampus, fakultas, dan jurusan terbaik mana untuk kuliah nanti, coba pikirkan juga dimana minat/bakat kalian sebagai pelengkap dibidang non akademik. Dan pastinya, pilihlah Universitas yang mampu memenuhi kedua kebutuhan kalian tersebut. :D

      Kali ini saya akan membahas organisasi kemahasiswaan dan UKM apa saja yang disediakan serta dijanjikan oleh Universitas Indonesia (UI) dalam mempersiapkan anak didiknya menjadi manusia seutuhnya terutama setelah lulus nanti.

ORGANISASI KEMAHASISWAAN
Organisasi kemahasiswaan di UI dipayungi dalam satu badan yang bernama IKM UI. IKM UI adalah wadah formal dan legal bagi seluruh aktivitas kemahasiswaan di Universitas Indonesia. IKM UI mengadopsi nilai-nilai ketatanegaraan yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kemahasiswaan. Kedaulatan berada di tangan mahasiswa dan dilaksanakan sepenuhnya menurut Undang-Undang Dasar IKM UI. Anggota IKM UI adalah mahasiswa yang terdaftar secara akademik di Universitas Indonesia yang terdiri dari anggota aktif dan anggota biasa. Anggota aktif adalah anggota yang telah mengikuti prosedur penerimaan anggota aktif dan mendapatkan rekomendasi dari fakultas. Anggota biasa adalah anggota IKM UI yang tidak termasuk ke dalam anggota aktif IKM UI. Pada intinya semua mahasiswa UI adalah anggota IKM UI. Lambang Ikatan Keluarga Mahasiswa Universitas Indonesia adalah Makara Universitas Indonesia dan tulisan IKATAN KELUARGA MAHASISWA UNIVERSITAS INDONESIA berwarna hitam. Lembaga-lembaga kemahasiswaan yang tergabung dalam IKM UI antara lain:
1.      Forum Mahasiswa (Forma UI)
2.      Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM UI)
3.      Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM UI)
4.      Badan Audit Kemahasiswaan
5.      Mahkamah Kemahasiswaan
6.      Majelis Wali Amanat Unsur Mahasiswa (MWA UI)
7.      Unit Kegiatan Mahasiswa Badan Otonom
8.      Unit Kegiatan Mahasiswa Badan Semi Otonom

FORUM MAHASISWA
Forma adalah forum mahasiswa yang merupakan lembaga tinggi dalam IKM UI yang mempunyai kedudukan sejajar dengan DPM UI, BEM UI, MM UI, Badan Audit Kemahasiswaan dan UKM Badan Otonom UI.

DEWAN PERWAKILAN MAHASISWA (DPM UI)
DPM adalah lembaga tinggi dalam IKM UI yang memiliki kekuasaan legislative. Anggota DPM terdiri atas anggota independent dari fakultas dan perwakilan lembaga legislative fakultas. Anggota independen dipilih melalui pemilihan raya (PEMIRA semacam PEMILU), sedangkan perwakilan dari lembaga legislative fakultas berjumlah satu orang. Keanggotan DPM diresmikan dengan keputusan forum mahasiswa. masa jabatan anggota DPM adalah satu tahun dan berakhir bersamaan dengan diresmikannya anggota DPM yang baru. Syarat-syarat untuk menjadi anggota DPM diatur dalam UU IKM UI. DPM memiliki wewenang dalam hal legislasi, pengawasan mahasiswa, yuridis, fasilitas, dan membuat mekanisme keuangan lembaga kemahasiswaan UI setiap periode kepengurusan. Anggota DPM memiliki hak interpelasi, hak angket, serta hak untuk menyampaikan usul dan menyatakan pendapat. Singkat cerita, jika di Indonesia, DPM UI ini bertindak seperti DPR, dan BEM UI  seperti Kabinet Presiden.

BEM UI
BEM UI adalah organisasi kemahasiswaan di tingkat universitas yang memiliki kekuatan eksekutif. Periodisasi BEM UI adalah satu tahun kepengurusan sejak januari sampai desember. Fungsi dan wewenang BEM UI antara lain mengadvokasi mahasiswa dalam hal dana dan fasilitas di tingkat Universitas; menyikapi politik luar IKM UI; melayani dan mengkoordinasi UKM badan semi otonom UI, dan melakukan koordinasi UKM Badan Otonom UI, lembaga eksekutif fakultas, dan anggota MWA UI unsur mahasiswa. Badan pengurus BEM UI dipilih berdasarkan mekanisme open recruitment dan close reqruitment. Bagi kamu yang tertarik menjadi badan pengurus, seperti menjadi staff departemen, berikut adalah departemen BEM UI yang dapat kalian pilih sesuai dengan bidang dan passion kalian:
Departemen & Biro, pelaksana program-program inti BEM UI.
  • Kastrat, Kajian Aksi Strategis   : melakukan pencerdasan publik, mengeksekusi penyikapan isu di lapangan, mengkaji isu-isu sosial & politik yang berkembang, melakukan studi mengenai gerakan mahasiswa.
  • Sosmas, Sosial-Kemasyarakatan   : melaksanakan program pelayanan, pengabdian, dan pengembangan masyarakat.
  • Adkesma, Advokasi Kesejahteraan Mahasiswa   : melakukan advokasi yang berkaitan dengan biaya kuliah dan fasilitas, mengawal dan membantu menyelesaikan masalah pada masa penerimaan mahasiswa baru.
  • P & K, Pendidikan dan Keilmuan :berfokus pada program-program yang mengembangkan minat dan potensi mahasiswa di bidang keilmuan.
  • Kresenbud, Kreativitas, Seni, dan Budaya   : berfokus pada program-program yang mengakomodasi minat dan bakat mahasiswa di bidang kreativitas, seni, dan budaya.
  • Depor, Departemen Olahraga   : berfokus pada program-program yang mengakomodasi minat dan bakat mahasiswa di bidang olahraga
  • LH, Lingkungan Hidup   : berfokus pada penciptaan kesadaran masyarakat UI maupun sekitar kampus UI tentang gaya hidup yang ramah lingkungan.
  • PSDM, Pengembangan Sumber Daya Manusia   : menjaga dan mengembangkan potensi Sumber Daya Manusia organisasi.
  • Litbang, Penelitian & Pengembangan   : merancang metode perekrutan Badan Pengurus Harian dan anggota BEM UI, melakukan fit and proper test untuk penentuan panitia program dibawah BEM UI, melakukan penelitian yang bertujuan evaluasi maupun peningkatan kinerja organisasi.
  • Kestari, Kesekretariatan   : mengelola perangkat keras dan lunak penunjang organisasi.

UNIT KEGIATAN MAHASISWA (UKM)
UKM UI adalah wadah kegiatan dan kreasi mahasiswa UI dalam satu bidang peminatan, bakat, dan pelayanan keagamaan di tingkat Universitas Indonesia. UKM terdiri dari badan otonom dan badan semi otonom. UKM Badan otonom UI adalah UKM di tingkat Universitas yang memenuhi syarat dan diresmikan oleh keputusan forum mahasiswa menjadi UKM Badan Otonom UI yang memiliki otonomi. Sedangkan UKM semi otonom berada di bawah koordinasi BEM UI. UKM-UKM tersebut diantaranya (Silahkan teman2 pilih sesuai minat dan bakat saat menjadi mahasiswa nanti J):

A.     UKM OLAH RAGA:
1.      Bulu tangkis
2.      Soft ball
3.      Hockey
4.      Bola voli
5.      Atletik
6.      Tenis Meja
7.      Tenis Lapangan
8.      Sepak Bola & futsal
9.      Bola Basket
10.  Renang
11.  Catur
12.  Bridge
13.  Menembak
14.  Cricket

B.     UKM BELA DIRI
1.      Karate
2.      Tae kwon do
3.      Sin lam ba
4.      Merpati putih
5.      Bangau putih
6.      Pencak silat
7.      Judo
8.      Tapak suci
9.      Kempo
10.  Satria Muda Indonesia
11.  Perisai diri
12.  Aikido
13.  Wushu

C.     UKM SENI
1.      Marching band
2.      Orkes Simfoni Mahawaditra
3.      Paduan suara paragita
4.      Liga tari krida budays
5.      Theatre UI
6.      Sinetra
7.      Dance sport (tari latin)

D.     UKM KEAGAMAAN
1.      Nuansa Islam Mahasiswa (SALAM UI) à semacsm rohis atau pisman jika di SMA
2.      Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK UI)
3.      Persatuan Oikumene Sivitas Akademika (POSA UI)
4.      Keluarga Mahasiswa Buddhis
5.      Keluarga Mahasiswa Hindu

E.      UKM LAIN-LAIN:
1.      Wira Makara (Resimen Mahasiswa (MENWA UI))
2.      MAPALA UI (Mahasiswa Pecinta Alam UI)
3.      Pramuka sekar kalpavriska
4.      Kelompok studi mahasiswa eka prasetya
5.      Koperasi Mahasiswa
6.      Perhimpunan Fotografi
7.      Komunitas Debat Bahasa Inggris (EDS)
8.      Komunitas Kewirausahaan (CEDS)
9.      Suara mahasiswa à yang minat menjadi jurnalis
10.  Radio Mahasiswa

UI TO PIMNAS & ILUNI PIMNAS UI
UI to PIMNAS adalah sebuah gerakan mahasiswa yang merupakan gabungan lembaga keilmuan se-UI langsung di bawah naungan Direktorat Kemahasiswaan UI pada bidang penelitian, teknologi, karsa cipta, kewirausahaan dan Pengabdian kepada masyarakat dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Tujuan gerakan ini adalah sebagai pemantik semangat dan inovasi mahasiswa dalam ajang ilmiah paling bergengsi di Indonesia, PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) sebagai bukti kontribusi UI untu negeri.
Sedangkan ILUNI PIMNAS UI merupakan Ikatan Alumni PIMNAS UI, yaitu sebuah ikatan para mahasiswa yang telah berhasil terpilih menjadi Delegasi UI di PIMNAS untuk kembali berkontribusi melakukan kaderisasi kepada adik-adik angkatannya dan turut memajukan prestasi UI di PIMNAS.
Bagi teman-teman yang sangat menyukai penelitian, karya ilmiah, inovasi, ingin menjadi penemu, dan ingin menjadi peneliti muda, saya sarankan untuk bergabung di UI to PIMNAS ini J

GREEN COMMUNITY UI
Green Community University of Indonesia atau biasa disebut GCUI merupakan organisasi pemerhati lingkungan bersifat tanpa kekerasan (non-violence) dan independen dari politik (political independence).

ORCHESTRA MAHAWADITRA UI

WUSHU UI

MAPALA UI

DANCE SPORT UI

Marching band UI

HOCKEY UI

KARATE UI

TEATER UI

LIGA TARI KRIDA BUDAYA UI

          Nah, sekarang teman2 kan sudah tahu apa saja kegiatan non akademik yang bisa kalian dapatkan di Universitas Indonesia. Jangan lupa daftar, jadilah mahasiswa yang aktif, terus bermanfaat, serta selalu berprestasi, baik di bidang akademik maupun di bidang non akademik seperti pada organisasi dan UKM di atas! J

BACA INI JUGA:
Sumber:
Buku saku Universitas Indonesia 2013
UI Guide “Discover Your New Life” edisi III-2009
http://greencommunity-ui.blogspot.com/search/label/Humas%20Eksternal












Share this:

CONVERSATION

4 comments:

Powered by Blogger.