image1 image2 image3 image4 image5

HI I'M ADE PERMATA SURYA|NUTRITIONIST AND MBA HOLDER|BIG DREAMER WITH MORE ACTION|LET'S GIVE IMPACT AND CHANGE THE WORLD!

EVALUASI AKHIR TAHUN & RESOLUSI TAHUN BARU ADE PERMATA SURYA








EVALUASI AKHIR TAHUN & RESOLUSI TAHUN BARU ADE PERMATA SURYA



2011

Evaluasi Akhir Tahun 2011
Mungkin bisa dikatakan kalau tahun 2011 adalah tahun mencari pengalaman dan tahun menggalau.. haha.. karena di tahun 2011, gw banyak dapet pengalaman baru dan juga sering dilanda kegalauan. Secara garis besar gak ada satupun target yang tercapai (seinget gw), tapi ternyata Allah menggantikannya dengan pencapaian yang jauh lebih bermanfaat. Kalau gak salah, target awal tahun 2011 kemarin diantaranya: juara miss freshkon, juara 1 kartini FKM, IPK naik jadi 3, 85, mengikuti CYMUN di Cyprus, dan khatam Quran pas ulang tahun (26 feb 2011). Masih banyak si targetnya, tapi sudah lupa. Dan dari semua itu gak ada yang tercapai..he… Kalau freshkon gak tercapai karena sistem kompetisinya kurang bagus dan kalau gw mau menang terpaksa harus berbuat curang misalnya bikin akun palsu dll (dan gw lebih memilih gak perlu menang daripada curang), lagi pula kuliah jadi keteteran (harus nyari “like”). Tapi karena lomba ini, gw jadi dapet pengalaman gimana sistem lomba online. Dan Alhamdulillah, meskipun ga juara 1, gw masuk jadi finalis 15 besar dan dapet softlens gratis.





Ade Permata Surya dalam lomba Miss Freshkon
Kalau jadi juara 1 Kartini FKM ternyata gak mungkin juga, karena ada peraturan yang tahun kemarin sudah ikut (bahkan udah juara) gak boleh ikutan lagi. Tapi, gw kaderin temen si Laila, dan ternyata bener dia yang juara. Tapi disamping itu, gw malah ditunjuk menjadi Trainer Kartini Kartono untuk tahun 2011 ini. Gw otomastis jadi punya banyak temen, dan jadi kenal dengan teman2 kepanitiaan Tebongkar J.


Ade Permata Surya menjadi Trainer Pemilihan Duta Preventia FKM UI (Kartini-Kartono)
Kalau untuk IPK naik jadi 3,85, jujur gw baru sadar kalau emang targetnya gak realistis, hehe. Apalagi terakhir IPK gw Cuma 3,6an. Ya tapi Alhamdulillah tetap naik sih 0,3 jadi 3,63.
Kalau target CYMUN di akhir tahun, gw dan teman2 ngerasa galau saat itu. Sekalipun sudah keterima dan tinggal berangkat, kita tahu kemampuan bahasa Inggris kita masih pas-pas an selain itu dananya lumayan gede, sekitar 12jutaan per orang. Wah darimana uang sebanyak itu. Alhasil sebagai gantinya kita pergi ke Pare. dan kita dapat banyak pelajaran serta pengalaman hidup selama di Pare. Alhamdulillah gw jadi suka Bahasa Inggris sekarang, padahal dulu benci banget dan berfikir kalau gw gak bisa Bahasa Inggris, tapi tanpa gw tahu, ternyata gw punya bakat juga selama mau dan percaya, buktinya Public Speaking gw bisa dapat “good” sama kaya temen gw Lini yang Inggrisnya udah kereen banget. Dan gw ngerasa lebih percaya diri untuk ngomong bahasa inggris di depan audience.
Ade Permata Surya saat melakukan perjalanan ke Kampung Inggris Pare
Kalau target khatam Quran pas ulang tahun pun gak ke kejar karena emang gak realistis juga ditambah tiba-tiba datang bulan H-1 minggu. Akhirnya gw targetin khatam pas lebaran. Sebenernya hampir dan bisa kekejar, tapi karena datang bulan lagi dan waktu itu juga lagi banyak masalah akhirnya gak kekejar juga. Insya Allah dikejar tahun depan.
Tapi disamping target-target yang gak keraih itu gw dapet banyak pengalaman tahun lalu. Untuk pertama kalinya gw ikut organisasi dan ketunjuk jadi staff riset, coordinator fakultas dan bahkan puncaknya diamanahin jadi PO Heal The World yang notabennya acara terbesarnya GCUI, salah satu organisasi besar di UI. Padahal sebelumnya gak punya pengalaman mimpin acara. Gw dapet banyak pengalaman dari situ. Gw sadar juga harus banyak belajar lagi untuk jadi leader yang baik.

Ade Permata sebagai Project Officer Heal The World GCUI 
Selain itu pencapaian lainnya, gw bisa juara 1 science fest fkm dan jadi kontingen FKM untuk lomba produk inovatif. seneng banget bisa bantu harumin nama FKM. meskipun pada akhirnya gak juara di tingkat UI, tapi jadi banyak dapat pengalaman untuk terus membuat produk inovatif di lomba2 LKTI lainnya.
Ade Permata Surya saat memenangkan produk inovatif science fest FKM UI

Selain itu gw juga dapet pengalaman baru bisa gabung jadi anak teater dan kembali jadi kontingen di fest budaya UI. jadi punya banyak teman dan kenalan baru, bisa cablak dan gak jaim di depan teman2 selama latihan. Itu pengalaman yang seru dan lucu banget :D
Sesaat setelah pentas teater
Di tahun 2011 kemarin gw juga dapat pengalaman jadi pengajar di salah satu bimbingan belajar di Tangerang yaitu Maestro. Gw belajar gimana caranya ngajar yang baik dan bisa mendapat perhatian dari para murid. Selain itu gw juga ke Pare pas liburan 3 bulan, pulangnya maen di Yogya dulu dan dan dapat pengalaman berkesan selama di Yogya. Pengalaman tersebut gw tulis dan diikutkan ke lomba cerpennya Nurani, Alhamdulillah dapat juara cerpen gw J. Selain itu gw juga ngebentuk study club bahasa Inggris (OL2), Alhamdulillah peminatnya banyak meskipun agak susah ngatur jadwal karena jadwal kuliah gizi yang gak jelas. Tapi insya Allah akan ada banyak perbaikan di semester selanjutnya nanti.



Suasana belajar saat study club Bahasa Inggris OL2  baru terbentuk
Namun ada beberapa kali lomba yang telat ngirim eh jadinya batal di akhir2 pengumpulan karya (LKTI &PKMkegiatan). Semoga di tahun ini PKM benar2 bisa terealisasikan bahkan kalau bisa juara dan berangkat PIMNAS. Tahun 2012 ini akan gw namakan tahun berprestasi, dengan harapan akan banyak prestasi yg gw dapatkan di tahun ini J.

Evaluasi Umum
TAHUN 2011 : TAHUN MENCARI PENGALAMAN
                                                         PENCAPAIAN:  **** (rate 4 bintang)

Target dan Resolusi di Tahun 2012
1.      IPK naik min 3,67 semester 6
2.      Magang di rumah sakit selama libur
3.      penelitian sampah seven 11 dengan Michigan Unviversity
4.      Target TOEFL 550
5.      Ikut dan lolos PKM GT
6.      Bisa bawa mobil
7.      Ikut dan menang LKTI
8.      Study Club jadi lebih maju, terorganisir, dan membernya bertambah
9.      Khatam Quran 26 Feb
10.  Ikut dan juara Science Fest FKM
11.  Ikut beasiswa BEE Jerman
12.  Les Bahasa Jerman
Ade Permata Surya
1 Januari 2012



2012

Evaluasi Akhir Tahun 2012
Tahun 2012 saya sebut sebagai tahun “berprestasi” dan Alhamdulillah menjadi kenyataan karena di tahun 2012 saya mendapat berbagai prestasi meskipun beberapa banyak lomba tidak juara namun hanya sampai tahap final. Selanjutnya tahun 2013 saya sebut sebagai tahun “kesuksesan” dengan harapan di tahun ini saya sukses melangkah untuk kehidupan, perkuliahan, karir dan impian-impian saya sukses terwujud. Di tahun 2013 saya pun menitik beratkan pada kegiatan-kegiatan yang sifatnya pengabdian dan sosial, disamping itu saya tetap mengejar prestasi yang menurut saya muara dari segala prestasi yang selama ini saya kejar sejak menjadi mahasiswa seperti MAPRES dan Abang Mpok Depok. Resolusi lainnya adalah mengejar beasiswa untuk langsung lanjut S2.Secara umum resolusi tahun 2012 yang tercapai diantaranya:

1.      IPK 3,67 untuk semester 6 àHasil pencapaian 3,67
2.      Minimal ikut / melakukan 3 penelitian àHasil pencapaian 6 penelitian
3.      Ikut PIMNAS 2012 Yogyakarta
4.      Menjadi Project Officer National Workshop of Scientific Journal skala nasional, dengan hasil pencapaian acara berlangsung sukses
5.      Juara I lomba HI Great Himatitan, LKTI UNIBRAW
6.      Membuat WHO English Study Club di FKM UI dan tour ke Pare bersama
7.      Finalis 15 besar lomba LKTI UNYSEF, UNY Yogya
8.      Finalis 10 besar lomba LKTI ISWC, UI
9.      Juara II Olimpiade puisi She Games, UI
10.  Khatam Al-Quran tgl 26 Feb 2012 à Hasil pencapaian: khatam
11.  Juara II Karya Ilmiah TICA, Jepang

Sedangkan resolusi 2012 yang tidak tercapai diantaranya yaitu:

1.      TOEFL 550 àsibuk, jd tidak sempat latihan2 & belum tes
2.      Ikut BEE àsyarat umur tidak sesuai
3.      Ikut lomba LKTI Gizi àTidak jadi ikut karena lebih memilih lomba LKTI UNYSEF
4.      Ikut lomba Science Fest dan jadi kontingen UIàtidak dapat ikut karena bentrok magang masyarakat
5.      Ikut Abang Mpok Depok àbentrok magang masyarakat
6.      Les bahasa Jerman àkarena kesibukan
7.      Ikut APPACH àtidak jadi ikut karena sibuk mengurus lomba
8.      Ikut Olimpiade Gizi à Mengundurkan diri (tidak datang) karena ilfeel dengan sistem yg tidak jelas
9.      Ikut putra putri batik nusantara à Tinggi Badan tidak sesuai
10.  Ikut Conference ke Luar Negeri à sudah lolos (TICA) tapi tidak berangkat karena tidak mendapat izin dari RS tempat magang.

Jadi, secara kesimpulan, prestasi & pencapaian saya di tahun 2012 adalah juara 2 Nurani art in box, sukses sebagai PO workshop journal skala nasional, juara I Himatitan Great Event, juara 2 Olimpiade deklamasi puisi shegames, kontingen PIMNAS Yogya, Menjadi pembicara pada 3 seminar, finalis LKTI UNY, finalis LKTI ISWC, Juara 2 TICA Jepang, dan menjadi Trainer Kartini Kartono 2012.

Ade Permata S sebagai PO Natoinal Workshop of Scientific Journal
Ade Permata Surya saat memenangkan HI Great Himatitan UB
Ade Permata Surya saat mengikuti lomba Olimpiade deklamasi puisi Shegames
Ade dan tim saat PIMNAS 26 Yogyakarta
Evaluasi Umum
TAHUN 2012 : TAHUN BERPRESTASI?

PENCAPAIAN: **** (rate 4 bintang)

Target dan Resolusi 2013
1.      Lulus kuliah tepat waktu dengan IPK min 3,7
2.      IP meningkat di semester 7 dan 8
3.      lolos PKM dan berangkat PIMNAS 2013
4.      Ikut conference di luar negeri (min 1 keg)
5.      ikut kegiatan pengabdian ke luar Jawa (min 2 keg)
6.      BB ideal
7.      Juara 3 besar MAPRES FKM
8.      Juara 3 besar Abang Mpok Depok
9.      Nilai A untuk mata kuliah skripsi
10.  Sukses menjadi ketua ILUNI PIMNAS UI
11.  Mensukseskan kegiatan HNC
12.  TOEFL 550
13.  Dapat beasiswa lanjut S2
14.  Buat Blog, dengan viewer 18000 dlm setahun
Ade Permata Surya
3 Januari 2013




2013

Evaluasi Akhir Tahun 2013
Akhirnya tidak terasa hari ini penghujung tahun 2013. Tahun yang saya sebut dengan tahun “kesuksesan”. Secara garis besar, di tahun ini saya memang merasa sukses untuk beberapa hal dalam merealisasikan tujuan dan mimpi saya, namun entah mengapa di tahun ini saya merasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, saya merasa tahun ini saya kurang maksimal. baik maksimal dalam memanfaatkan waktu dan mengerjakan sesuatu hal. Seperti ada penurunan yang terjadi pada diri saya. Tapi saya tak akan bersedih, justru berharap tahun depan adalah tahun yang jauuuuuh lebih baik dari tahun sebelum2nya dan berharap bisa ngasih rate 5 bintang untuk tahun 2014 nanti. Untuk Tahun 2014 akan saya namakan tahun “Go International” yang akan sekaligus menjadi doa saya untuk mendapatkan banyak pencapaian skala internasional. Mengapa? karena saya tahu tahun 2015 nanti merupakan tahun direalisasikannya AFTA. Yang katanya, suka atau tidak suka – siap atau tidak siap kita pasti menghadapi situasi ini. Dan menurut survey yang dilakukan oleh beberapa independent, diantara 10 negara ASEAN, Indonesia adalah SATU-SATUNYA NEGARA yang paling tidak siap dari sisi Sumber Daya Manusia. Waw bisa dibayangkan kalau saya menjadi salah satu dari sekian banyaknya SDM yang tidak siap memasuki era globalisasi ini. Untuk menyiasati hal tersebut, saya akan coba merubah pandangan dan target2 saya agar lebih Go International :P Semoga dengan waktu dalam setahun ini sebelum 2015, tidak terlambat untuk saya dalam mempersiapkan diri menghadapi Era AFTA nanti.

Evaluasi saya di tahun 2013 diantaranya, untuk perkuliahan Alhamdulillah sesuai target saya lulus tepat waktu dengan IPK 3,71 atau melebihi 0,01 dari target saya, dan berhasil meraih predikat cumlaude.  IP saya di semester 7 mengalami penurunan menjadi 3,87 namun IP saya di semester 8 meningkat menjadi 4,00. Hal ini agak tidak sesuai dengan target saya dimana seharusnya semester 7 dan 8 saya mengalami peningkatan. Namun saya tetap bersyukur dan senang untuk pencapaian ini J. Namun Target mendapat nilai A untuk mata kuliah skripsi pun berhasil saya dapatkan.

Untuk target lolos salah satu PKM dan ikut PIMNAS, dari 3 proposal yang saya kirim ke DIKTI, entah mengapa tidak ada satupun yang lolos, padahal sudah maksimal dalam membuatnya. Namun belakangan, saya mengerti mengapa Allah tidak meloloskan saya. Dengan jabatan saya sebagai ketua ILUNI PIMNAS UI, ternyata Allah menginginkan saya untuk focus mengkaderisasi dan mencetak penerus2 saya. Saya justru focus membantu teman2 yang lolos PKMnya agar bisa ke PIMNAS, dan hadiahnya adalah saya pun ikut ke PIMNAS di Lombok untuk melatih teman2 di sana sekaligus sebagai panitia. Jadi meskipun PKM tak didanai, Alhamdulillah tetap diberangkatkan mengikuti PIMNAS. 

Target lainnya adalah ikut kegiatan pengabdian ke Luar Jawa (min 2 kegiatan). Saya berhasil lolos menjadi peserta kegiatan sosial “AICT” Ambassador of Indonesian Culture and Tourism kegiatan Indonesia Kita Batch 1, ke Pulau Biawak. Meskipun ada kendala teknis selama di lapangan, sehingga kami tidak benar-benar menyebrang ke Pulau Biawak, namun banyak hal yang saya dapatkan selama mengikuti kegiatan tersebut. Mulai dari teman, pengalaman, pelajaran dll. Sepulangnya acara tsb, kami pun membentuk AICT JABODETABEK, untuk kumpul2 bareng sesame alumni IK 1 daerah Jabodetabek. Kegiatan sosial lainnya yang sukses berjalan adalah acara Cuci Tangan Sedunia. dimana saya yang menjadi PO nya, dan Alhamdulillah acara berjalan sangat sukses, dan LSM HNC kami pun menjadi lebih dikenal dengan suksesnya acara ini. Nama saya pun terukir di Kota Depok pada piala “Permata Surya”.

Beberapa target yang tidak dapat terealisasi di tahun 2013 diantaranya adalah ikut conference di luar negeri (karena sibuk dan focus skripsi), Berat badan ideal (stress gara2 skripsian, BB malah naik terus hahaha), Ikut MAPRES (Tidak jadi ikut karena bentrok skripsian dan sedang menjadi PO acara HNC), ikut Abang Mpok Depok (sama, Tidak jadi ikut karena bentrok skripsian dan sedang menjadi PO acara HNC), Toefl 550 (tahun ini lebih focus ke conversation), Dapat beasiswa S2 (Tidak jadi ikut, karena sudah diterima menjadi karyawan dan saya memilih ambil S2 dengan biaya sendiri setiap hari Sabtu krn tidak ingin bentrok dengan kerja).

Itulah evaluasi resolusi di tahun 2013, berikut adalah review perjalanan dan pencapaian saya di tahun 2013:
4 Januari 2013, Memimpin Raker LSM HNC (sebagai Sekjen LSM HNC)

13 Januari 2013, Menjadi MC diacara bakti sosial HNC kerjasama dengan RSH

17-20 Januari 2013, study banding ke ITS, UNIBRAW, UNAIR, UGM (sebagai ketua ILUNI PIMNAS)

23-24 Februari 2013, lolos sebagai peserta Indonesia Kita 1, AICT, P. Biawak

10 Mei 2013, sukses sebagai PO Perayaan Cuci Tangan Bersama se-Kota Depok, HNC

27 Juni 2013, Lulus sidang dan mendapat gelar S.Gz

30 Juli 2013, Menjadi MC diacara buka bersama Yayasan Sukamaju

21 Agustus 2013, Menjadi PO Training of Trainer PKM UI

23 Agustus 2013, menjadi pembicara PKM di Seminar OKK UI

27 Agustus 2013, Wisuda Fakultas, mendapat penghargaan Cumlaude

30 Agustus 2013, Wisuda UI

3 September 2013, Menjadi Pembicara di Seminar Gizi Bangsa dan Seminar OKK FKM UI


9-13 September 2013, Menjadi Trainer dan Panitia PIMNAS UI, di Lombok

25 November 2013, Mulai bekerja di Indonesia Technologies dan Nanosatisfi Indonesia

12 Desember 2013, mengikuti Mark Plus Conference 2014

Evaluasi Umum
TAHUN 2013 : TAHUN KESUKSESAN?
PENCAPAIAN:  *** (rate 3 bintang)

Target dan Resolusi 2014
1.      Pergi ke luar negeri (min 3 kali)
2.      Mengikuti konferensi internasional (min 2 keg)
3.      IPK semester 1 (S2) min 3,7
4.      IPK semester 2 meningkat
5.      Penelitian produk minuman dan permen selesai (max 31 Januari 2014)
6.      Sukses mencapai target kerja di Nanosatisfi dan DHybrid
7.      Lolos tahap probation
8.      Blog diubah menjadi website dengan pengunjung min 40.000 sampai akhir tahun 2014
9.      Semua sosmed terupdate (Twitter & Linkedin)
10.  Menerbitkan buku karya sendiri
11.  Khatam terjemahan Al-Quran (26 Feb)
12.  Konsisten mengerjakan ibadah sunnah (puasa & dhuha)
13.  Berprestasi dilomba-lomba bidang seni (min 2 keg)
14.  Paham mengenai Elektro, astronomi, dan listrik yang berhubungan dengan pekerjaan
15.  Goal proyek sosial dengan Danone dan menjadi PO yang sukses untuk acara tsb.
16.  TOEFL 550
17.  Mulai mengerjakan thesis (proposal jadi)
18.  BB ideal
19.  Branding nutricosmetic dan Indonesian Beauty Academy
20.  Membentuk Komunitas Young Researcher
11. Target finansial: Tabungan akhir tahun min 15jt
Ade Permata Surya
31 Desember 2013




2014

EVALUASI AKHIR TAHUN 2014

Alhamdulillah tidak terasa dalam hitungan jam sebentar lagi kita akan memasuki 2015, tahun yang mendebarkan yang dikoar-koarkan sebagai tahun real globalisasi karena kita akan memasuki era AFTA dan persaingan akan benar-benar terjadi. Dulu di tahun 2013 saya menargetkan sekaligus menamakan tahun 2014 sebagai tahun "Go International" karena sedang men-challenge diri saya untuk bisa bersaing secara global. Di tahun 2014 sungguh banyak hal kejutan yang tidak saya kira! baik yang menyenangkan maupun sekaligus yang menyedihkan bagi saya! 

Untuk target utama yang mencerminkan international, alhamdulillah target saya tercapai untuk pergi ke luar negeri sebanyak 3 kali, ke negara yang berbeda dan terjadi peningkatan dari sei lokasi/ negara tujuan. Di awal tahun, saya bersama keluarga Kenny Lischer pergi berlibur ke Singapura, ini sebagai hadiah karena kami berdua dapat lulus kuliah tepat waktu. Saya lulus S1 sedangkan Kenny lulus S2 pada waktu yang bersamaan, sehingga kami pun wisuda bersamaan. Saya masih ingat ketika saya dengan keluarga Kenny mengurus passport untuk pertama kalinya, saat itu saya masih tegang sekali ketika petugas kantor imigrasi meng-interview saya, maklumlah karena saya baru pertama kali nya mengurus pasport. Ini batu loncatan pertama saya, pertama kalinya saya ke luar negeri dan baru pertama kali juga merasakan bagaimana perjalanan beda negara. Ternyata tidak sesulit dan menakutkan seperti yang saya bayangkan sebelumnya. Setelah Singapura, saya pun mengikuti konferensi internasional pertama saya di Phuket, Thailand. Untuk pertama kalinya saya pergi seorang diri ke luar negeri. Awalnya saya sangat ketakutan, namun ketika saya berhasil melewatinya, saya pun jadi ketagihan ke luar negeri bahkan jika harus sendirian sekalipun. 

Ternyata, muncul kejutan tak terduga lainnya! tiba-tiba dibulan Mei (kalau gak salah) saya dapat kabar bahwa Michael Ballack idola saya resmi pensiun dari dunia persepakbolaan. seketika saya menangis karena saya ingat dengan mimpi saya dahulu yang ingin sekali pergi ke Jerman. Dan ternyata itulah keajaiban mimpi! ketika kita benar2 menginginkannya, insya Allah ada jalan. Saya akhirnya benar-benar mewujudkannya di tahun ini! padahal dulu saat saya membuat resolusi, tak terpikirkan sedikitpun kalau saya akan berangkat ke Jerman tahun 2014 ini. Alhamdulillah saat itu saya memiliki Kenny, orang yang sangat mensupport dan membimbing saya. Ia seakan-seakan mengangkat saya agar tidak menyerah, padahal jika dipikir-pikir secara logika segalanya serba mustahil, biaya gak ada, dan syarat2 mengurus visa pun cukup ribet. Tapi alhamdulillah, berkat Allah, orang tua dan Kenny yang saat itu terus mendukung saya, serta kampus yang membantu support sedikit dana, akhirnya saya berangkat juga! dan lagi-lagi hanya SENDIRI!!! benar-benar kemandirian saya dan keberanian diri yang dipertaruhkan.

Tak hanya itu, selain mengikuti konferensi internasional di Thailand dan di Jerman, saya juga mengikuti konferensi di Hotel Royal Kuningan Jakarta sebagai oral speaker. sehingga jika di total saya berhasil mengikuti 3 konferensi ilmiah. 

Di tahun ini pun, saya memulai perkuliahan pertama saya di bangku S2 di Universitas Mercu Buana pada bulan Maret. Rasanya senangggg sekali karena bisa merasakan kembali dunia kampus, memiliki teman-teman dari berbagai macam background. Alhamdulillah target IPK saya tercapai yaitu hasilnya 3,75. sedangkan untuk semester 2 ternyata baru bisa terlihat di tahun depan. 

Target-target lainnya yang tercapai yaitu Lolos tahap probation, Blog diubah menjadi website dengan pengunjung min 40.000 sampai akhir tahun 2014 dengan hasil diluar dugaan yaitu mencapai 76 ribu viewer. lalu Semua sosmed terupdate (Twitter & Linkedin). serta branding nutricosmetics melalui web serta twitter meskipun belum terlalu tergaungkan. Tak hanya itu, kejutan lainnya saya diangkat menjadi Vice president di kantor saya. sedangkan kejutan yang menyedihkannya saya harus merelakan kepergian 2 orang yang berarti di hidup saya, Papa yang sudah dipanggil oleh Allah tanggal 23 Desember kemarin, dan Kenny, karena keadaan yang memaksakan kita untuk berpisah di tanggal 30 Desember kemarin. Terimakasih untuk kasih syg yang telah kalian berikan selama ini kpd saya.. :'(

Target sisanya belum sukses secara penuh, karena adanya kendala-kendala, serta mungkin manajemen waktunya yang masih perlu diperbaiki. Dan akan saya coba lagi kejar di tahun mendatang. Selanjutnya, untuk tahun 2015 akan saya namakan "Tahun mendekatkan diri dengan Allah" karena selepas kepergian Papa, saya berjanji untuk menjadi anak yang lebih soleha agar doa-doa saya pun juga dapat dijabah oleh Allah.
Rabu, 31 Desember 2014

Evaluasi Umum
TAHUN 2014 : TAHUN GO INTERNATIONAL?
PENCAPAIAN:  ****+ (rate bintang 4+ )
Lambang + (plus) disini saya berikan karena tahun ini begitu spesial, mimpi saya selama 8 tahun tercapai di tahun 2014 ini, yaitu ke negaranya Michael Ballack, Jerman.


Ke singapore bersama keluarga Kenny

Ulang tahun terakhir bersama Papa

Mengikuti International Conference di Phuket, Thailand


at Indonesia Global Impact Competition 2014, Singularity University -  NASA

Menjadi nara sumber ahli Gizi untuk program tv Tau Gak Sih, Trans 7


menghadiri Pekan Ilmiah Mashasiswa Nasional Semarang 2014

Masuk mading Kampus UMB Meruya


mengikuti International Conference ICONIC, Germany 2014

di Marienplantz Germany

Menyempatkan mengunjungi Allianz Arena stadion - Bayern Munchen

Mengikuti tour Allianz arena


bersama teman kantor Indonesia Technologies dan Alderon Indonesia


Target dan Resolusi 2015 (Tahun 
1. lulus cumlaude dan wisuda S2 max Desember 2015
2. IPK semester 2 dan 3 meningkat
3. Nilai A untuk thesis
4. Buat usaha yang sukses & laku / jadi entreprenuer
5. Launching produk Hearty Foodie sesuai target dan berjalan lancar
6. Menerbitkan buku karya sendiri
7. Travelling ke negara yang bersalju (mau liat salju)
8. Branding diri sebagai nutricosmetics specialist (web, twitter)
9. Lebih dekat dengan Allah
    - hafal Asmaul Husna,
    - khatam Quran & terjemahan
    - solat dhuha
    - puasa senin kamis
10. TOEFL 550
11.  Baca buku min 1 buku/ bulan


2015

EVALUASI AKHIR TAHUN 2015

Syukur alhamdulillah karena masih diberi umur dan kesempatan mengisi satu tahun penuh pada 2015 kemarin. Sayangnya baru hari ini bisa menulis evaluasi akhir tahun yang menjadi tradisi saya pribadi untuk membiasakan diri belajar dan evaluasi dari apa yang sudah terjadi pada satu tahun terakhir.

Hmm awal mulanya tahun 2015 saya merasa menjadi tahun kesenduan karena masih adaptasi setelah ditinggalkan almarhum papa pada akhir Desember 2014 lalu. Saya awalnya masih belum bisa terima.. terkadang masih terbawa mimpi dsb. Namun di balik itu semua, banyak pelajaran dan hikmah yang dapat saya ambil.. kesedihan itu pun saya jadikan motivasi terbesar untuk bisa lulus cepat pada desember 2015, karena saya ingin sekali moment wisuda saya bertepatan dengan 1 tahun meninggalnya Papa. Saat itu yang saya pikirkan hanya ingin foto menggunakan toga di makam papa seakan menunjukkan pada papa bahwa anaknya kini sudah berhasil menyelesaikan sekolah s2 nya dengan baik.

Yap itu tadi prolog evaluasi 2015 saya, kembali ke topik utama, tahun 2015 kemarin saya namakan sebagai tahun mendekatkan diri pada Allah.. banyak target yang berhubungan dengan hal ibadah. Namun pada evaluasi ini saya tidak akan membahas poin target ibadah tsb, karena itu rahasia saya dengan Allah saja hehe (menjauhi riya) ^.^

Untuk target-target lainnya, Alhamdulillah target terbesar tahun ini untuk lulus Desember 2015 dapat terwujud yeaayyy..! Padahal perjuangan saya sampai ke titik itu benar-benar berdarah-darah. Sempat 5 kali ganti topik penelitian tesis, dimana masing-masing topik sudah saya buat sampai BAB 3 dan selalu mengulang kembali dari BAB 1. Tapi alhamdulillah dengan keseriusan dan ketekunan, saya yang mengulang dari 0 pun bisa membalap teman-teman lain yang sudah sampai BAB 4 dan pada akhirnya bisa menjadi mahasiswa pertama yang maju sidang baik dari sekelas maupun seangkatan saat itu. Masa-masa dimana akun SIA KRS saya di hack oleh orang lain pun masih teringat jelas dipikiran saya. Saya kala itu down sekali dan sempat terancam harus ambil cuti, tapi dengan tekad yang bener2 kuat ingin lulus cepat, dan setelah melalui proses panjang melacak ke sana sini, dan mengurus sampai ke tingkat rektorat, alhamdulillah bisa terselesaikan juga masalahnya. Awalnya saya hanya target untuk lulus cepat, namun di tengah jalan, entah kenapa tiba-tiba ingin pula menjadi wisudawan terbaik. Kemarin si motivasi nya ingin membuat bangga Mama saya yang akan datang menjadi tamu undangan saat wisuda. Selain itu kegagalan mama dulu menjadi wisudawan terbaik karena IPK nya yang kalah hanya 0,2 dari kandidat lainnya saat kuliah di MM UMB juga kala itu, membuat saya ingin sekali mendapatkan posisi itu. Dari situ saya hanya berdoa dan berdoa saja agar Allah dapat mengabulkan doa saya, karena ikhtiar sudah semua saya lakukan. Untuk IPK sendiri pada semester 2 dan semester 3 mengalami kenaikan, serta nilai tesis sendiri mendapatkan nilai A sesuai target yang telah saya buat dahulu.

Di tahun 2015 pula, saya berhasil mewakili kampus untuk maju presentasi di konferensi internasional CISAK di Korea. Selain itu, tak lama kemudian saya pun berangkat ke Jepang sebagai undangan untuk mengikuti kegiatan pameran persahabatan Indonesia-Jepang. Oh iyaaa.. btw, ada 1 mimpi saya yang tak terduga bisa tercapai tahun 2015 ini! Bisa datang langsung ke Shinjuku Gyoen Japan! dan foto di lokasi utama film The Garden of Words, film anime kesukaan saya yang inspiratif dan so sweet sekali uhuk :p

Oia, di tahun 2015 pula, saya beberapa kali dapat kesempatan diliput oleh media , baik program tv, majalah dan tabloid. Ada yang meliput atas nama pribadi sebagai nara sumber ahli gizi, namun ada pula yang atas nama Hearty Foodie, produk yang sedang sy develop dan pasarkan. Dan alhamdulillah di tahun ini saya berhasil memasukkan Mister Timber dan Frutaday ke beberapa retail seperti: Kemchicks, Yogya Riau Junction, Seven Eleven, SMESCO, Foodhall, dan Farmers Market. Dan di tahun 2015 pula, saya dapat tawaran untuk menjadi pembicara dibeberapa kesempatan seminar, training, maupun diinterview oleh online website.

Di tahun 2015 ini pun masih banyak target yang meleset, misalnya umroh, ikut Abang None, baca buku 1 buah/ bulan, dan menerbitkan buku. Hal ini mungkin disebabkan karena saya benar-benar fokus ingin lulus Desember 2015 sehingga energi dan waktunya benar-benar terfokus untuk ke sana. Insya Allah akan saya pilih kembali dan saya coba kejar di tahun 2016.  Untuk tahun 2016 akan saya namakan dengan tahun "Go Public." Bismillah! Harapannya baik saya maupun karya-karya saya akan diterima dan semakin dikenal oleh masyarakat luas ^.^ aaminn..
Jumat, 1 Januari 2016

Evaluasi Umum
TAHUN 2015 : Tahun Mendekatkan diri kepada Allah?
PENCAPAIAN:  ***+ (rate bintang 3+)
Lambang + (plus) disini saya berikan karena tahun ini begitu spesial, mimpi saya menjadi wisudawan terbaik dan mengunjungi Shinjuku Gyoen tercapai di tahun 2015 ini.


Ade Permata Surya menjadi wisudawan terbaik MM UMB Desember 2015

saat wisuda S2 MM UMB


Poster Ade Permata menjadi delegasi UMB dan Indonesia di Konferensi Internasional

Ade Permata menjadi salah satu peserta konferensi CISAK, Daejeon, Korea 2015

Ade diundang menjadi Pembicara terkait Konferensi Internasional


Tiket masuk Shinjuku Gyoen, finally mimpi besar tercapai

Di Meiji Jinggu Palace, Tokyo, Jepang

Ade Permata dan Hearty Foodie diliput oleh Tabloid Pelunag Usaha

Ade Permata foto bersama Danu Sofwan founder Randol di Pesta Wirausaha by TDA



Ade Permata dan Hearty Foodie diliput oleh Trans 7

Ade Permata dan Hearty Foodie diliput oleh Laptop si Unyil Trans 7

Ade Permata telah tersertifikasi menjadi oral presentator di Konferensi Ilmiah ISMB Belitung

Ade Permata telah tersertifikasi menjadi oral presentator di Konferensi Ilmiah ISMB Belitung

Ade Permata dan Hearty Foodie diliput oleh Majalah SWA

Ade Permata diliput oleh berkuliah.com untuk menjadi nara sumber mengenai konferensi internasional


TARGET DAN RESOLUSI 2016
1. Nerbitin buku
2. Umroh
4. Pembentukan body
5. Update website teratur
6. Branding sosmed instagram
7. Pergi ke negara bersalju
8. keterima kuliah S3




2016


Alhamdulillah, syukur tak henti2nya saya panjatkan kehadirat Allah.  Finally, akhirnya hari ini tanggal 5 januari saya memiliki waktu untuk membuat evaluasi 2016, setelah pulang umroh yang sampai di Indonesia baru tanggal 4 jan dan badan tepar seharian karena duduk di pesawat dan bis sampai 18 jam.

Well, tahun ini banyak sekali kejutan dan moment, serta pencapaian yang tidak terduga atau bahkan tidak ditargetkan di tahun sebelumnya. Bisa dibilang tahun ini adalah tahun terbaik yang pernah saya alami karena banyak challange2 yang berhasil saya selesaikan di tahun 2016.

Tahun 2016 ini saya namakan tahun “Go Public” karena berharap di 2016 karya2 saya dapat dikenal dan diterima oleh masyarakat luas. Mulai dari awal tahun dibuka dengan tayangnya profil pribadi dan profil bisnis di majalah serta tabloid, lalu banyaknya tawaran untuk muncul di media massa seperti radio, televisi, baik sebagai nara sumber hingga sebagai talent, atau liputan usaha bisnis. Tak lama saya pun dapat menerbitkan buku yang saat itu bekerja sama dengan salah satu NGO di bidang Tobacco control. Di tahun ini pula saya mendaftar dan mengikuti berbagai kegiatan kepemudaan yang tujuannya untuk kepentingan sosial. Diantaranya saya berhasil masuk menjadi peserta dan keluarga BLFIM, lalu menjadi Volunteer teacher di kegiatan Sahabat Gizi (IYOULEAD) Indonesia dan Peduli Indonesia (IYOIN), dan saya juga berhasil lolos menjadi peserta wigb yang diadakan oleh AAI dimana saya mendapat short term award mengikuti training global business di Brisbane, tepatnya di Griffith University Australia selama 2 minggu. Di tahun ini saya juga berhasil lolos seleksi mengikuti training ke New Zealand yang akan berangkat Maret 2017 nanti.

Di tahun ini pula tanpa disangka saya mengikuti pageant muslimah bernama “SMESCO HIJAB ICON STAR 2016” yang diadakan oleh SMESO dan mendapat juara 3. Saya juga diundang menjadi juri kompetisi pageant yang diadakan oleh Indonesian Pageant untuk pemilihan “Beauty in Hijab” . Selain itu saya pun diundang menjadi juri mapres riset ftui dan diundang sebagai motivator bisnis di keg smeso, hingga pemicara di skala internasional yang diadakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Saya juga menjadi educator kegiatan Menstrual Education di 4 sekolah di Jakarta.

Evaluasi lainnya yang tak kalah penting adalah di tahun 2016 ini saya akhirnya menerima tawaran untuk menjadi dosen manajemen pemasaran, padahal tawaran sudah ada sejak Agustus 2015, namun baru saya terima di feb 2016. Dan ini merupakan pencapaian besar, karena saya dapat mengalahkan keraguan dan ketakutan yang muncul dari diri pribadi. Dan sekarang perlahan saya mulai menikmati pekerjaan ini. Meskipun di tahun ini saya gagal untuk s3 tapi insya Allah akan dikeja di 2017.

Unuk Hearty Foodie, alhamdulillah tahun ini berhasil memasukkan di LOKA supermarket, dan tahun ini banyak mendapa liputan media. Tahun ini juga tim r&d berhasil membuat varian baru.
Dan alhamdulillah sekali di akhir tahun dapat ditutup dengan umroh dan berkunjung ke negara yang sedang musim dingin, yaitu Turki. Kedua mimpi tersebut adalah mimpi saya sejak lama akhirnya bisa tercapai di tahun ini. J

Kamis, 5 Januari 2016

Evaluasi Umum
TAHUN 2016 : Tahun Go Public?
PENCAPAIAN:  **** (rate bintang 4)















































TARGET DAN RESOLUSI 2017
Tahun 2017 : Tahun Menembus Batas

1.    Keterima S3
2.    BBIdl
3.    Ikut short course ke LN
4.    Ikut konferensi Internasional
5.    Masukin Jurnal Internasional
6.    Ikut keg pengabdian masyarakat
7.    Ikut keg pageant
8.    Belajar berkuda / memanah
  -  Belajar alat musik (biola)




EVALUASI 2017

Tahun menembus batas.

Alhamdulillah tahun 2017 sudah terlewati :), overall di tahun ini bisa dibilang pencapaian saya lebih ke arah pribadi dan privasi saya sendiri. Di tahun ini finally, Allah mengabulkan doa terbesar saya, yaitu untuk dapat menemukan jodoh dan menikah :’)

Sejujurnya itu bener2 gak di duga.. Karena sampai bulan mei awal saya masih tidak tahu siapa jodoh saya, namun dengan menembus segala keterbatasan yang ada, ternyata Alhamdulillah Allah permudahkan segalanya, saya dapat melangsungkan pernikahan meskipun waktu persiapan hanya 2 bulan tapi saya dapat mewujudkan pernikahan bertemakan impian saya sejak dulu, yaitu pernikahan internasional outdoor dengan gaun putih yang berlokasi dipinggir danau ketika sunset. Ternyata di tahun ini memang focus saya hamper seluruhnya ketarik untuk persiapan pernikahan dimulai sejak taaruf, dan adaptasi pasca pernikahan.

Pasca pernikahan pun Alhamdulillah Allah mewujudkan mimpi saya untuk honeymoon di hotel yang memiliki private pool. Dan seperti mimpi saya pula, saya dan suami setelah menikah langsung pisah dan tidak tinggal di rumah orang tua untuk lebih mandiri dan proses mengenal tidak canggung.

Yupp itulah mimpi yang tidak saya sangka akan terwujud di tahun 2017 ini. Alhamdulillah saya tidak jadi dilangkahi adik saya :’D wkwk. Namun disamping itu, ada mimpi-mimpi lainnya yang terwujud dan momen2 penting selama 2017 ini, diantaranya:

Saya memulai pergantian tahun 2016 ke 2017 di Mekah, Alhamdulillah bias berdoa sepuas hati dan memulai tahun yang baru dengan cara yang baik. Selain itu di bulan februari nya, saya mewujudkan mimpi saya sejak saya masih remaja.. ingin merayakan ulang tahun dengan berbagi rezeki dan pengajian bersama. Awalnya ingin dengan anak yatim, namun ternyata berubah dengan pesantren dari sari bumi tangerang. Niatnya ingin didoakan agar Allah bias segera memberikan sy jodoh diusia saya yang ke 26 tersebut, dan berdoa untuk ibu saya agar segera pulih dari penyakit dan keterbatasannya. Dan Alhamdulillah kedua doa ini terkabul . masya Allah :’)

Di bulan Maret Alhamdulillah, saya dapat berangkat ke New Zealand dan fully funded. Alhamdulillah dapat mewakili Indonesia di YBLI New Zealand. Short course dari Asia New Zealand Foundation. Di sana saya mendapatkan banyak link bagus, ilmu, pengalaman, dan motivasi hidup. Benar-benar ngerasa beruntung ya Allah.

Di bulan Aprilnya Alhamdulillah, saya diajak taaruf oleh Husna, yang menjadi suami saya sekarang. Alhamdulillah hanya taaruf satu- dua minggu kedua belah pihak memutuskan untuk lanjut ke proses khitbah. Dan Alhamdulillah di Bulan May saya dikhitbah dan menjalani proses tunangan/lamaran.  Waktu nya memang serba cepat jadi setahun ini tanpa terasa waktunya difokuskan untuk persiapan taaruf, khitbah, tunangan, pernikahan dsb :D
Di bulan juni saya focus persiapan nikah, dan Alhamdulillah di bulan juli kami menikah. Pasca pernikahan pun saya sempat diundang beberapa kali untuk menjadi pembicara, seperti di acara roadshow fim dejapu, di puncak, dan di hotel menara peninsula Jakarta. Alhamdulillah di tahun ini pula saya menguatkan diri untuk hijrah pelan-pelan.

Alhamdulillah pula di tahun 2017 ini saya dapat mewujudkan mimpi saya untuk dapat menjadi perantara dan membantu proses taaruf hingga ke pernikahan. Dengan bantuan perantara dari saya, kedua teman saya yang awalnya tidak saling mengenal , Alhamdulillah akhirnya akan menikah minggu depan januari 2018 di Lampung, masya Allah. Di tahun ini juga saya akhirnya belajar untuk memanah, meskipun terakhir saya belum melanjutkan lagi karena harus pindah domisili di Jakarta.
Rabu , 3 Januari 2018



Evaluasi Umum
TAHUN 2017 : Tahun Menembus Batas?
PENCAPAIAN:  **+ (rate bintang 2+)



TARGET DAN RESOLUSI 2018
Tahun : International Quality Achievement
- TOEFL 550
- IELTS 6,5
- LOA S3
- BEASISWA
- Ke luar negeri 4 negara
- Ke London (Stamford Bridge, London Bridge & Oxford)
- Kegiatan kepemudaan 2x
- Conference akademik 3x
- jurnal 1x
- 3 penelitian selesai
- 3 ppm selesai
- BB 55kg
- khatam quran






Share this:

CONVERSATION

4 comments:

  1. Ade, udah lama gak ketemu dan lo udah jadi sehebat ini, saluut!!! :)

    ReplyDelete
  2. Iya udah lama banget gak ketemu Wi.. haha bisa aja ni Dewi, makasih banyak :') sukses juga buat lo :D

    ReplyDelete
  3. Ka Ade, aku pengen masuk UI tp masih bingung milih prodinya, perbedaan dari ilmu gizi dengan kesehatan lingkungan apa ya ka? Mohon jawabannya, terima kasih :)

    ReplyDelete
  4. Ade.. keren banget!! Salut!! Tetap semangat dan menginspirasi orang ya de!!

    ReplyDelete

Powered by Blogger.