image1 image2 image3 image4 image5

HI I'M ADE PERMATA SURYA|NUTRITIONIST AND MBA HOLDER|BIG DREAMER WITH MORE ACTION|LET'S GIVE IMPACT AND CHANGE THE WORLD!

MARK PLUS CONFERENCE 2013













MARK PLUS CONFERENCE 2013


Ade Permata Surya and Niki Tsuraya Naumi @MarkPlus 2013 Conference


Keynote Speech by Hermawan Kartajaya

Kamis, Tanggal 12 Desember 2013 kemarin, saya bersama beberapa rekan kantor (Niki Tsuraya Naumi dan Pak Jansen) berkesempatan mengikuti konferensi tahunan-nya Mark Plus yang “Wow” banget! Kenapa saya bilang wow? Karena ini merupakan acara tahunan yang selalu ditunggu-tunggu para Marketer / Marketeer se-Indonesia. Dan di tahun ini lebih dari 5000 Marketeers se-Indonesia, 50 companies, dan 50 speakers berkumpul. Tak hanya itu, banyak orang-orang luar negeri  (± 12 negara asing) yang datang di acara ini. Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara ini diselenggarakan di Ballroom Hotel berbintang 5 di Jakarta, yaitu Ritz Carlton. Dengan harga tiket yang lumayan bagi orang yang baru bekerja seperti saya hehe yaitu Rp1.200.000,- atau Rp 1.300.000,- jika membeli on the spot. Ya, meskipun banyak orang-orang disekitar saya yang mengatakan itu termasuk tiket yang murah. Namun dengan harga yang lumayan tersebut, saya mendapatkan ilmu banyak mengenai marketing, community, innovation dan dapat kenalan-kenalan baru tentunya. Dan untungnya saya tidak mengeluarkan uang sedikitpun untuk membeli tiket tersebut, karena kantor saya mendapatkan tiket secara Cuma-Cuma, karena kebetulan Pimpinan saya ada hubungan baik dengan Pak Hermawan Kartajaya.

Dimulai dengan welcoming, networking and exhibition session, dimana para marketeers dapat melihat-lihat exhibition yang isinya perusahaan-perusahaan besar, sambil mencari relasi bisnis baru, berkenalan dan saling bertukar kartu nama, serta menjelaskan perusahaannya satu sama lain. Bagi marketeers itu adalah hal yang menyenangkan, berbicara bisnis, dengan penampilan layaknya seorang pembisnis bahkan executive muda. Selanjutnya marketeers masuk ke dalam ballroom mengikuti acara. Namun yang membuat saya shock adalah ketika acara pembukanya diisi oleh JKT-48. Haha pikir saya, apa tidak salah acara seperti ini dibuka oleh JKT-48? tentu saja Pak Jansen rekan saya yang tidak diragukan lagi keahlian bisnisnya bertanya, “JKT-48 itu apa ya?” Dan saya Jawab “Girl Band Pak, hahaha”, “Oh Cherry Belle?”, saya jawab lagi “Bukan Pak, ini Produsernya orang Jepang.” Dan setelah itu kami menonton dengan serius, tapi disela-sela acara saya lihat ternyata banyak juga orang yang mengambil foto mereka, termasuk saya sendiri he. Tak lama, saya baru tahu mengapa mereka mengundang JKT 48 sebagai pengisi acara, ini dikarenakan mereka akan mendapatkan penghargaan dari MarkPlus sebagai New Wave atau pendatang terbaru dengan sistem marketing terbaik. Selain itu, dari pihak Legacy diraih oleh Band Slank yang telah bertahan selama 30 tahun di industry hiburan.

Tak lama, setelah beberapa perusahaan launching buku dan pembacaan penghargaan “Marketeer of The Year 2013” yang tahun ini diraih oleh Pak Arief Yahya dari Perusahaan Telkom dengan mengalahkan 18 kandidat hebat lainnya, akhirnya sampailah di sesi yang paling banyak orang tunggu, yaitu Keynote Speech dari Pak Hermawan Kartajaya, seorang Marketeer yang terkenal sekali di Indonesia sekaligus sebagai Pemilik Mark Plus. Saya coba merangkum hal-hal penting yang beliau sampaikan di-bawah ini, nah semoga bermanfaat ya ilmunya, karena terlalu banyak jika saya tulis di satu halaman, maka page ini akan berlanjut di Page “MARK PLUS CONFERENCE 2013- 2 dan MARK PLUS CONFERENCE 2013- 3”. Selamat membaca! Semoga bermanfaat!

MARKET-ING IN THE NEW NEW INDONESIA
Managing Online/ Offline Paradox
by Hermawan Kartajaya
  • Tahun 2014 merupakan tahun “Wow Marketing!” Consumer behavior telah berubah. Ini eranya internet, dimana pola konsumen  dalam membeli produk berubah menjadi: “Searching dulu di internet àLook àShare à Beli”. So, sudah siapkah perusahaan Anda dengan keadaan ini? sudah cukup menarikkah website perusahaan anda bagi para konsumen? Apakah website anda sudah berisi segala informasi yang dibutuhkan konsumen?
  • Di zaman sekarang, orang dituntut seefisien mungkin. Orang ditantang untuk membuat dan memberikan Info yang ringkas, padat, tepat,serta berisi. Hal ini ditunjukkan dengan adanya twitter dengan karakter maksimal setiap kali posting, instagram dapat menshare video namun dibatasi selama 6detik, begitu juga slide persentasi yang di timing 20 detik/slide. Masyarakat dipaksa mengeluarkan statement yang pendek, tapi meaning. Pembicara pun dipaksa untuk tidak bertele-tele, tapi meaningful. Begitu pula dalam penjualan, marketeers dipaksa untuk memasarkan dengan cara yg meaningful.
  • Tahun 2014, tahun challenge. Tidak hanya Battle of commercial  Brand Character, namun aka nada battle of personal brand character. Contohnya perang pencitraan diri untuk memasarkan dirinya sebagai calon presiden.
  •  Beri kesempatan untuk pemuda2 menjadi marketer. dan juga perempuan. (89%)
  • Tahun 2014, tahunnya connect (internet). Kumpul gak kumpul yang penting connect. à Connectivity + competitiveness
  • Bagi para marketers à attitude harus dibangun dari awal (ketika produk dibuat). Sekarang zamannya mensukseskan customer maka akan mensukseskan produk. bukan membunuh costumer. Buatlah konsumen puas. tidak hanya berkata “ok” (hanya sebatas paham dan membeli saja, atau ikut-ikutan saja/ repeater) à namun berkata “wow!” (Costumer mendapatkan hal lebih dari ekspektasi mereka. Sehingga mereka dengan sendirinya akan kembali, bahkan menjadi advocate, yaitu customer yang akan memasarkan “mouth to mouth” dan membela produk kita. Karena itu perjuangkan advocate, bukan repeater,
  •  Cara online tidak bisa menggantikan offline, namun online dapat melengkapi offline dan dapat menambah value. Jadi, offline tetap harus ada, namun lebih bagus jika perusahaan punya sistem online juga.






Yup, itu dia tadi ringkasan keynote speech dari Pak Hermawan Kartajaya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa juga baca lanjutannya ya guys :D

To be continue

Share this:

CONVERSATION

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.