image1 image2 image3 image4 image5

HI I'M ADE PERMATA SURYA|NUTRITIONIST AND MBA HOLDER|BIG DREAMER WITH MORE ACTION|LET'S GIVE IMPACT AND CHANGE THE WORLD!

KENAPA DIET SAYA GAGAL TERUS?














SUMBER-SUMBER KEGAGALAN DIET

Perhatian, artikel di bawah ini merupakan  rangkuman dengan kutipan langsung dari buku Cara Aman dan Efektif Menurunkan Berat Badan, karya Emma S Wirakusumah. hal 64-66.

Kegagalan diet dapat saja terjadi, hal ini tergantung masing-masing pribadi yang menjalaninya. Sebagian besar karena kesalahpahaman tentang pengertian diet serta kurang memperhatikan faktor kesehatan. Hasil statistik menunjukkan bahwa 80-90% pelaku diet mengalami kekecewaan karena diet mereka gagal, berat badan menjadi naik kembali bahkan sering lebih berat dari sebelumnya. Apabila dianalisa kembali, sebab-sebab kegagalan diet diantaranya:

Salah Memilih Program Diet
Program diet tidak tepat menurut tinggi badan, berat badan, usia, dan kondisi kesehatan badan. Kebanyakan program yang dipilih adalah program penurunan berat badan yang cepat menunjukkan hasil, tetapi resiko terserang penyakit menjadi tinggi. Selain itu, akan cepat jenuh dan bosan yang menyebabkan nafsu makan meningkat serta mendorong mengonsumsi makanan yang seharusnya dihindari saat diet.
Contoh program diet yang salah pilih adalah diet minum air putih saja. Dalam diet ini dilarang mengonsumsi hampir semua makanan kecuali air putih sehingga hasilnya menyebabkan berat badan turun drastis. Penurunan berat badan bukan disebabkan hilangnya lemak tubuh, tetapi karena hilangnya air dan garam-garam di dalam tubuh.
Banyaknya air dan garam-garam yang hilang terjadi karena tubuh yang kekurangan energi akan mengambilnya dari cadangan glikogen otot, kemudian glikogen hati, dan terakhir dari cadangan lemak. Pemecahan glikogen terjadi terlebih dahulu karena untuk memecah lemak yang dibutuhkan energi yang lebih besar sedangkan asupan karbohidrat sebagai sumber energi tidak ada sama sekali. Bersama-sama 1 gram glikogen yang hilang maka akan terbawa 3 gram air. Jadi, kehilangan banyak air memegang peranan dalam penurunan berat badan yang terjadi. Selain itu, terkurasnya cadangan glikogen dapat merusak jaringan-jaringan tubuh.

Tidak Disisplin Waktu Makan’
Kebiasaan makan yang kurang baik dengan melupakan disiplin waktu makan dapat menyebabkan gagal diet. Misalnya, waktu makan yang baik adalah makan pagi, siang dan malam. Apabila pediet melakukan diet 1500 kkal maka dia makan hanya pada siang dan malam hari saja, bahkan snack dimakan pada malam hari sebelum tidur asal-kan kalori yang dikonsumsi tetap. Hal ini jelas salah karena pada waktu pagi dan siang hari kita lebih banyak membutuhkan kalori dibandingkan malam hari. Akibatnya, banyak kalori yang tersimpan berupa cadangan lemak. Tidakdisipilin terhadap waktu makan dapat menyebabkan rasa lapar yang merupakan tekanan, godaan, dan mengganggu program diet. Akhirnya, ada keinginan mencoba sedikit makanan untuk menghilangkan rasa lapar. Yang sedikit tersebut lama-kelamaan akan menjadi bukit.

Menu Makanan yang Tidak Sesuai
Menu makanan diet yang porsinya tidak sesuai dengan aktivitas setiap hari dapat menyebabkan kegagalan diet. Ragam dan jenis menu makanan pun berpengaruh karena apabila menyimpang jauh dari kebiasaan dan kesukaan akan menimbulkan rasa bosan dan jenuh, inilah yang menyebabkan timbulnya keinginan untuk mencoba-coba makanan yang justru harus dihindari. Selain itu, kurang perhatian terhadap kandungan zat gizi bahan makanan yang dimakan, terutama kalori akan menyebabkan kesalahan dalam menyusun menu makanan dan apabila dibiarkan menyebabkan kegagalan menjalani diet.

Malas Melakukan Olah Raga
Penurunan berat badan tidak akan sukses dengan hanya melakukan diet saja tanpa diimbangi dengan latihan jasmani yang sesuai dan teratur. Salah memilih program latihan jasmani dapat menyebabkan rasa malas. Hindari senam aerobic dengan gerakan-gerakan yang sulit, olahraga yang membutuhkan kekuatan fisik, dan olahraga yang membutuhkan biaya mahal sehingga latihan tersebut tidak dapat dinikmati secara fisiologis maupun psikologis.


sumber:
-Wirakususmah, E. S. 2001. Cara Aman dan Efektif Menurunkan Berat Badan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
sumber picture: tubuhindahcantik.blogspot.com

Share this:

CONVERSATION

1 comments:

  1. Terima kasih infonya. Memang jika pola makan tidak teratur akan membuat Gagal diet. Jadi sebaiknya buat jadwal untuk dijalankan ,terima kasih

    ReplyDelete

Powered by Blogger.