image1 image2 image3 image4 image5

HI I'M ADE PERMATA SURYA|NUTRITIONIST AND MBA HOLDER|BIG DREAMER WITH MORE ACTION|LET'S GIVE IMPACT AND CHANGE THE WORLD!

INTERNATIONAL CONFERENCE










INTERNATIONAL CONFERENCE


Setelah sekitar 2 bulan saya sudah tidak pernah mengupdate web saya ini, malam ini saya paksakan untuk kembali meluangkan waktu saya. Kali ini topic yang akan saya bahas adalah cerita dan pengalaman pribadi mengikuti international conference pertama saya. Mengikuti konferensi ilmiah internasional merupakan keinginan dan passion saya sejak masih menjadi mahasiswa S1 dahulu, mengapa tidak? karena penelitian merupakan kegemaran saya, dan malu sekali ketika posisi saya dulu pernah menjabat sebagai salah satu ketua organisasi ilmiah terbesar di UI, tapi pengalaman mengikuti konferensi ilmiah sampai ke tingkat internasional saja belum pernah. Oleh sebab itu, dengan sangat nekat, padahal posisi saya pun sudah bekerja di kantor dan sedang mengambil S2, saya curi-curi waktu untuk tetap menjaga idealism dan menggapai mimpi saya.

Saya searching di internet, ada banyak sekali jenis konferensi ilmiah, namun ternyata ada satu konferensi yang paling sesuai dengan bidang saya saat ini serta waktu deadline submit paper yang masih memungkinkan. Nama konferensi tersebut “International Symposium on Management and Social Sciences” dan berlangsung pada 14 – 16 Maret 2014 di Phuket, Thailand.  Saya terbilang sangat nekat, karena dengan waktu yang mepet, biaya seadanya, dan saya sendirian datang ke Konferensi tersebut untuk mempresentasikan hasil penelitian saya di kancah internasional.

Awalnya saya sangat takut, karena saya belum pernah pergi ke luar negeri sendiri sebelumnya, terlebih banyaknya berita mengenai kecelakaan pesawat akhir-akhir ini membuat saya menjadi agak goyah untuk benar-benar berangkat. Namun, saya berhasil melawan semua rasa takut dan cemas saya, bahkan Allah memberikan banyak pelajaran dan pengalaman berharga untuk saya, terutama teman-teman baru dari luar Indonesia. Itulah manfaat yang bisa kita dapatkan saat mengikuti conference, selain manfaat update ilmu pengetahuan dan penemuan-penemuan terbaru tentunya.

Konferensi pada awalnya, akan dibuka oleh beberapa keynote speech. Selanjutnya akan memasuki tahap presentasi dari tiap-tiap peserta conference. biasanya akan diberi waktu 10-15 menit, dan akan ada sesi Tanya jawab. Namun sepengalaman saya mengikuti conference biasanya pertanyaan yang dilontarkan sangat sedikit dan terbatas, bisa dikarenakan waktu yang terbatas, bisa juga dikarenakan para audience tidak memahami isi dari persentasi tersebut. Sesi presentasi itu sendiri biasanya terbagi dua. Ada oral presentation dan Poster presentation. Nah perbedaannya adalah di media presentasinya, jika oral akan presentasi menggunakan slide ppt di hadapan banyak audience di dalam ruangan, sedangkan presentasi poster menggunakan media poster untuk presentasi. Ukuran poster sendiri biasanya berbeda sesuai dengan aturan masing-masing conference. Umumnya, presentasi poster terpisah dengan lokasi oral presentation, yaitu biasanya diluar ruangan tempat oral presentation. Sehingga dapat berfungsi layaknya exhibition dan public dapat melihatnya dengan bebas. Perbedaan lainnya adalah, ketika presentasi oral, kamu akan presentasi di hadapan banyak orang yang sudah standby di dalam ruangan (parallel), biasanya audience yang ada diruangan tsb memang orang yang ingin mengetahui penelitian kita lebih dalam sehingga memilih ruangan tsb dibandingkan untuk melihat presentasi di ruangan lainnya, selain itu orang yang berada di ruangan juga merupakan peserta lainnya yang sedang menunggu giliran presentasi mereka sendiri. Karena itu buatlah presentasi yang tidak menjenuhkan dan mudah dipahami audience. Sedangkan untuk presentasi poster, kita dituntut untuk lebih kreatif dalam mendesain poster kita, dan aktif menarik audience sehingga mau mengunjungi poster kita dan tertarik mengetahui lebih dalam mengenai penelitian kita.

Umumnya, orang akan lebih tertarik untuk menjadi presentan pada sesi oral presentation dibandingkan poster, namun sebenarnya tiap jenis presentasi tersebut ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Biasanya, persaingan untuk lolos saring submit jurnal secara oral presentation pun akan lebih ketat dibandingkan poster. Karena itu saya menyarankan bagi pemula atau yang belum pernah pengalaman sebelumnya dapat mencoba poster terlebih dahulu agar peluang lolosnya semakin besar.


Setelah mengikuti conference ini, saya menjadi ketagihan untuk dapat mengikuti conference berikutnya lagi dan lagi. Saya sangat senang ketika bisa membantu mengharumkan nama Kampus, terutama Indonesia untuk lebih terdengar dibidang pendidikan, khususnya dibidang publikasi ilmiah. Karena kita tahu sendiri, bahwa mahasiswa, dosen, dan peneliti Indonesia masih sangat kurang mempublikasikan karya ilmiahnya ke tingkat internasional, itu pula lah yang menjadikan kampus-kampus di Indonesia masih sangat rendah rankingnya jika dibandingkan dengan kampus lainnya di dunia.

Bagi teman-teman yang ingin memperoleh informasi mengenai jadwal-jadwal international conference terupdate dapat melihat : www.wikicfp.com

Berikut adalah beberapa dokumentasi ketika saya mengikuti ISMSS 2014 di Thailand:





















Selamat mengharumkan nama Indonesia :D

Share this:

CONVERSATION

2 comments:

  1. Nice banget. Aku lagi nyari pengalaman yang pernah ikut ICEAI malah nemu punya mbak. Sama2 Konferensi Internasional juga. Saya dari Bali dan tempat konferensinya di Bandung. Ini juga nekad sendirian kesana. Thank you informasinya yg berguna :)

    ReplyDelete
  2. assalammualaikum, saya nisa semester 3 di uin maliki malang. kak jujur saya kagum banget sama orang-orang yang ikut conference international gitu termasuk kakak. saya pengennn ikut, tapi faktor ketidak tahuan mengenai apa itu conference, ngapain aja disana, berapa fee nya, dan tinggal dimana dll :( saya pengen tanya2 sama orang yang ahli tapi disini terbatas, kakak bisa jelasin mulai dari nol tentang cpnference ilmiah, terus saya kebetulan dijurusan PAI. apa bisa? terima kasih, ditunggu jawabanya.
    wassalammualaikum

    ReplyDelete

Powered by Blogger.