image1 image2 image3 image4 image5

HI I'M ADE PERMATA SURYA|NUTRITIONIST AND MBA HOLDER|BIG DREAMER WITH MORE ACTION|LET'S GIVE IMPACT AND CHANGE THE WORLD!

Kenapa harus Ikut iYouLead?












Kenapa harus Ikut iYouLead?




Hi bagi teman-teman yang mengaku passion di bidang gizi, pangan, ataupun kesehatan, atau bagi sobat semua yang ngakunya berjiwa seorang leader, kalian harus ikut satu rangkaian kegiatan berskala internasional yang sangat recommended ini, “iYouLead”.  Apa itu iYouLead? dan Kenapa harus iYouLead? iYouLead sendiri merupakan singkatan dari “International Young Food and Nutrition Leadership Training and Workshop” yang dilaksanakan selama 8 hari di beberapa kota. Nah di artikel ini, saya ingin men-share pengalaman berharga saya ketika mengikuti iYouLead2014 pada teman-teman semua, semoga bermanfaat :D

Sebagai salah satu alumnae tahun ini, iYouLead 2014 sendiri dilaksanakan pada 10 – 17 Agustus 2014 di 4 Kota, yaitu Bogor, Bandung, Jakarta dan berakhir di Yogyakarta. Tema tahun ini yaitu “Strengthening Youth Capacity for Future Global Leadership on Nutrition, Food and Health.” Acara ini sangat direkomendasikan bagi teman-teman, kenapa? karena acara ini benar-benar dikemas sangat menarik, tidak seperti seminar pada umumnya yang hanya duduk manis mendengarkan pembicara berkoar-koar tapi mulut terus menerus menguap, namun di sini teman-teman dituntut untuk aktif, layaknya seorang leader yang penuh energi positif dan selalu inisiatif. Memang selama 3 hari pertama, kita akan duduk disebuah aula besar dan mendengarkan para pembicara. Wow lamanyaa.. pasti membosankan ya? Eittss, tunggu dulu, para pembicara yang  diundang di acara iYouLead ini adalah pembicara-pembicara internasional, bukan pembicara biasa.. Lantas siapa pula yang mau menyia-nyiakan kesempatan mendapat ilmu yang berharga dan sangat langka ini? Kalau saya total, keseluruhan pembicara ada 25 orang. Tak hanya mendengarkan, para moderator yang pandai membawa suasana menjadi tetap ceria dan semangat akan melibatkan para peserta untuk mengisi jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan pembicara pada kertas karton besar di meja masing-masing, dan mempresentasikannya. Setiap presentasi akan mendapatkan feedback kembali dari pembicara maupun moderator.


Di iYouLead ini pun, kita akan mendapatkan: 1) Leadership skills; 2) Kesempatan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan para aktivis muda dan young leader dari berbagai negara lainnya; 3) Kesempatan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan pemerintah dan CEO dari perusahaan multinasional, 4) Factory visit dan jalan-jalan, 5) Global networking di bidang food & nutrition.

Alasan lainnya kenapa harus iYouLead, karena iYouLead ini satu-satunya kegiatan training/ workshop mengenai leadership yang focus pada Gizi, Pangan dan kesehatan yang berskala internasional di Indonesia. Sejujurnya saya sering mengikuti kegiatan serupa, tapi kegiatan leadership umumnya para peserta berasal dari background yang berbeda-beda dan terlalu general. Keuntungan dengan adanya iYouLead ini, saya benar-benar menemukan link dan partner baru dibidang saya sendiri, sehingga dengan memiliki visi dan mimpi besar yang sama, kami dapat berkolaborasi mewujudkannya bersama. Saya juga menemukan link-link baru dan teman baru yang sangat menunjang keperluan kerja dan kuliah saya ke depannya hehe (buat dimintain tolong :P) dan yang lebih enaknya karena background kami sama, kami dapat bersama-sama menginspirasi adik-adik kita yang masih belajar Gizi/ pangan/ kesehatan di bangku kuliah untuk menjadi leader terbaik di kemudian hari.

Bagaimana? sudah panaskah dan bersemangat untuk ikut iYouLead2015? Nah, ternyata untuk bisa menjadi bagian dari iYouLead itu tidak mudah lhoo.. ada seleksinya. Menurut panitia, di tahun 2014 ini, kami peserta (kurang lebih 100 orang) berhasil menyingkirkan para pendaftar yang jika ditotal mencapai 300 orang. Kami sendiri 75% berasal dari Indonesia (yang tersebar dari Sumatera sampai Papua) dan sekitar 25% dari Negara luar. Jika di total ada 15 negara yang ikut serta dalam iYouLead ini. Negara-negara tersebut diantaranya ada yang berasal dari Australia, Malaysia, Mali, Kenya, Filipina, Vietnam, Uganda, Pakistan, dll..

Lalu setelah hari ke-3 yang penuh dengan pembicara, selanjutnya kami semua mengunjungi pabrik GiziIndo Indofood di Bandung, pabrik Frisian Flag di Jakarta, dan pabrik SariHusada Danone di Yogyakarta. Sambil diselingi dengan jalan-jalan ke tempat-tempat pariwisata di Indonesia seperti TMII, Ciwalk Bandung, Malioboro, Prambanan, dan Borobudur. Saya dan beberapa teman ceesan pun menyempatkan diri mampir ke Alun-alun Kidul untuk mengenalkan budaya melewati “gerbang beringin kembar” kepada teman kami dari Malaysia. Dan lucunya dari 10 orang yang mencoba, justru teman kami dari Malaysia itulah (Read:Sharizan) yang paling berhasil memasuki gerbang beringin, meskipun ujung-ujungnya menabrak pagar beringin juga. Ya..setidaknya, tidak seperti teman saya (read:Afrizal dan Nova) lainnya yang merasa berjalan lurus, tapi ternyata berputar dan berakhir di posisi awal semula hehe.

Ciwalk Bandung

Malioboro

Naik Becak Cinta, Alun-alun Kidul Yogya

Angkringan Alun-alun Kidul, Yogya, ngopi Joss :D

Wah pokoknya gak tahu lagi apa kata-kata yang bisa menggambarkan kepada kalian semua kalau saya sangat senang bisa menjadi bagian dari iYouLead2014 ini, Terimakasih bagi Prof.Hardinsyah, President Pergizi Pangan yang sangat inspirator sekali bagi kami para peserta, Mas Teguh, selaku ketua panitia yang sangat sukses menyatukan kami semua, para panitia dan seluruh peserta terimakasih untuk kebersamaannya.. Terimakasih juga telah mempercayakan saya sebagai General Affair iYouLead2014 Forum, semoga bisa amanah.. dan terimakasih untuk teman sekamar (no.19) saya, Mba Sanya (sang admin) dan Mba Sri (sang asisten admin yang setia) hehe.. Semoga kita semua bisa sukses bersama ke depannya ya..

Para panitia iYouLead2014

Bersama teman sekamar, Mba Sri dan Mba Sanya

Bersama Prof.Hardinsyah, President Pergizi Pangan

Para MC dan Floyd (Filipina), yang membuat iYoulead semakin hidup :P

Bersama Mas Teguh, sang Ketua Panitia iYouLead


Oia, saya juga turut mengucapkan terimakasih mendalam kepada para sponsor iYouLead2014 yang turut berkontribusi menyukseskan acara ini.. Yakult, Frisian Flag, SariHusada, Danone Institute, Indofood, DuPont, Nestle, Garuda Indonesia, Nutrifood, PACSR, Ajinomoto, Antam, Unilever, Nutricia, dan Aqua. Dan terimakasih juga kepada IUNS dan FANS.

Pesan saya, bagi teman-teman dan adik-adik Gizi, jadikan iYouLead ini sebagai salah satu list target yang harus kalian ikuti dalam hidup kalian yaa.. Dan tunggu roadshow iYouLead ke kampus-kampus kalian,  serta tunggu aunching buku kami juga :
“100 Young Leaders
on Food, Nutrition, and Health”


 “What is innovation? Innovation for me are never ending learning, never ending improvement, and never feeling satisfaction.”
- Ade Permata, Tuesday, 12thAugust 2014 at iYouLead-


Thanks for reading :D

Share this:

CONVERSATION

1 comments:

  1. Kak aktif banget si ^-^ Duh pengen aktif tapi badan gak bisa nyeimbangin kira2 kalo orang yang cepet capek di terima di org gak ya? Kira2 ekskul yang cocok apaan ya? Hehe

    ReplyDelete

Powered by Blogger.